WOW! Upnormal Raih Peringkat ke-3 di Indonesia Coffee Event

Updated: Jul 9, 2019



28 Februari 2019 - Perwakilan Upnormal, Bilal Nusantara berhasil meraih peringkat ketiga dalam ajang Indonesia Cup Tester Championship (ICTC) tingkat nasional yang diselenggarakan selama 3 hari (22-24 Februari 2019) oleh Indonesia Coffee Event (ICE) di Kuningan City, Jakarta Selatan. Dalam kompetisi tersebut, Ia telah berhasil menyisihkan sebanyak 70 peserta yang mengikuti gelaran ICTC dari babak penyisihan hingga final.


Sebelum mendapatkan gelar juara tiga, Bilal telah melewati tahap eliminasi di wilayah barat yang diselenggarakan di dua tempat berbeda di kota Bandung, pada 11-13 Januari 2019 dan 14- 16 Januari 2019. Dari 35 peserta, Ia termasuk ke dalam daftar 12 besar yang diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti babak penyisihan tingkat nasional.


Di Jakarta, Bilal kembali berkompetisi dengan 21 peserta lainnya, yang terdiri dari 11 orang perwakilan dari wilayah barat dan 10 orang dari wilayah timur Indonesia. Dalam babak penyisihan skala nasional tersebut, Ia berhasil masuk 8 besar daftar peserta yang maju ke semi final dengan menyisihkan kurang lebih 14 peserta lainnya. Kemudian di babak semi final, Ia juga menjadi salah satu dari 4 peserta yang melaju ke babak final. Dan akhirnya, dengan catatan waktu 00.03.20, Ia sukses menempati peringkat ketiga dalam Indonesia Cup Tester Championship 2019.

“Alhamdulillah, senang sekali dapat meraih piala juara tiga dalam Indonesia Cup Tester Championship. Terima kasih untuk teman-teman, terutama seluruh Tim Kopi Development Upnormal Coffee Roasters yang telah mendukung dan membimbing saya hingga saat ini,” ujar Bilal saat ditemui di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Bandung.


Bilal yang sehari-harinya berprofesi sebagai roaster di Upnormal memang sudah memiliki cita- cita mengharumkan kopi Indonesia di dunia Internasional. Pria kelahiran tahun 1996 ini juga berkeinginan untuk memperkenalkan bahwa tidak hanya Kopi Indonesia yang berkualitas premium, tetapi seluruh sumber daya manusia di balik pembuatan kopi juga memiliki kualitas yang baik.


Selama kurang lebih 6 bulan menjelang kompetisi, Bilal telah menjalani pelatihan intensif (6 kali dalam seminggu) yang didampingi oleh Tim Kopi Development Upnormal Coffee Roasters. Selain itu, setiap hari Ia bersama dengan tim juga melakukan quality control terhadap hasil kopi yang diproduksi di Paberik Kopi Upnormal. “Pekerjaan itu juga saya anggap sebagai latihan untuk semakin mempertajam kemampuan menganalisa kopi,” ujar Bilal.


Dalam Indonesia Cup Tester Championship (ICTC), setiap peserta menganalisa 8 kelompok kopi yang masing-masingnya terdiri dari 3 cup kopi untuk menemukan 1 kopi yang berbeda. Poin perbedaan antara kopi satu dengan yang lainnya dapat berupa tingkat rasa – bagaimana kadar manis atau pahit dalam setiap cup kopi, aroma atau pun kadar keasaman kopi. “Selain menguji keakuratan lidah kami (para peserta), kompetisi ini juga mengukur kecepatan dan keterampilan kami dalam membedakan kopi yang disajikan,” ujar Bilal.


ICTC sendiri merupakan salah satu cabang kompetisi yang diadakan di acara Indonesia Coffee Event (ICE) 2019. Kegiatan yang menjadi ajang unjuk kebolehan para pelaku industri kopi ini juga menggelar tiga perlombaan lainnya, yaitu Indonesia Barista Championship, Indonesia Latte Art Championship, dan Indonesia Brewers Cup.


© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group