Upnormal X Pemprov Jabar: Dukung Petani Kopi Jawa Barat jadi yang Terbaik

Updated: Jul 9, 2019



29 Mei 2019 - Upnormal berkomitmen untuk memfasilitasi berbagai proses pengolahaan Kopi yang berawal dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari penanaman pohon kopi hingga pengolahaan menjadi green bean berkualitas yang melibatkan berbagai pihak. Komitmen tersebut ditunjukan Upnormal dengan menyelenggarakan beragam kegiatan di beberapa outlet Upnormal, salah satunya ‘Public Cupping Kopi Jawa Barat’.Dalam kegiatannya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga hadir untuk mendukung acara yang digelar di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Cihampelas, Bandung bersama sekitar 40 orang Petani Kopi Jawa Barat (15/05/2019).


Proses cupping terbilang sebagai tahap awal untuk menguji rasa kopi yang biasa dilakukan penggiat kopi profesional, seperti barista, roaster, hingga eksportir kopi. Tapi di acara kali ini, para petani dan beberapa perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat diajak untuk menguji sekitar 30 jenis kopi dengan metode pengolahan yang berbeda, salah satunya natural dan honey process.

Kepala Biro Perekonomian, Taufik Garsadi dan Kepala Dinas Perkebunan Dodi Firman Nugraha juga mengikuti rangakaian acara cupping. Beberapa kali mereka terlihat antusias akan rasa kopi yang sedang dicicipinya.


“Selain menarik, acara ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengedukasi para petani kopi dan mengembangkan kerja sama antar pelaku industri kopi di Jawa Barat,” komentar Taufik. Sehingga, diharapkan dapat memperbaiki mata rantai perekonomian penduduk.



Usai melakukan cupping, setiap peserta diajak berdiskusi mengenai rasa kopi yang paling digemari bersama Tim Kopi Development Upnormal. Diskusi singkat tersebut memberikan gambaran kepada para petani mengenai rasa kopi yang sesuai dengan kebutuhan target market, baik itu di wilayah Nasional maupun Internasional.

“Dari acara ini saya bisa mendapatkan berbagai gambaran untuk menghadapi masa panen dan pembeli kopi ke depannya,” ujar Aleh, petani Kopi Java Preanger Gunung Tilu yang juga mengungkapkan harapannya untuk dapat bekerja sama dengan Upnormal di kemudian hari.


Selain menggelar public cupping, Upnormal juga membuka kesempatan bagi teman-teman petani untuk me-roasting kopinya sendiri di Upnormal bersama Tim Kopi Development dengan harga yang affordable.


Rangkaian acara ‘Public Cupping Kopi Jawa Barat’ yang diinisasi oleh Upnormal merupakan awal dari berbagai bentuk kegiatan lainnya yang akan dirancang untuk membantu meningkatkan dan mengenalkan Kopi Jawa Barat di dunia. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan kami terhadap pemerintah yang ingin meonjolkan Kopi Jawa Barat,” ujar tim Kopi Development Upnormal, Arnold Dharma.


© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group