UPNORMAL IGNITION: Belajar Sekaligus Jalan-Jalan ke Paberik Kopi Upnormal

Updated: Jul 9, 2019

28 Desember 2018 - UPNORMAL IGNITION kembali digelar untuk kedua kalinya. Kegiatan yang dilaksanakan spesial untuk mahasiswa dan mahasiswi ini menghadirkan beberapa narasumber dari keluarga besar CRP Group, yaitu Operational Manager CRP Group, Kharisma Akbar; Coffee Academy Supervisor, Setyo Prayitno, dan Coffee Development Paberik Kopi Upnormal, Ahmadi Bahzar. Dipandu oleh MC, ketiga orang tersebut membahas beberapa materi khusus dalam acara yang diselenggarakan di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Cihampelas, Bandung.

Dimulai dengan business sharing bersama Kharisma, rangkaian acara UPNORMAL IGNITION ini digelar tepat pukul 09.00 WIB. “Teman-teman yang hadir saat ini adakah yang sudah mulai merintis bisnisnya?”, tanya Kharisma di awal sesi. Beberapa dari peserta mengacungkan tangannya. “Bagi teman-teman yang telah memiliki bisnis atau belum memulai usahanya, hari ini kita akan sama-sama belajar mengenai strategi awal memulai sebuah bisnis hingga menjaga bisnis tersebut agar tetap sustain,” ujar pria yang juga CO-Founder CRP Group.

Di akhir pemaparan yang telah berlangsung selama 90 menit, salah seorang peserta mengajukan pertanyaan kepada Kharisma mengenai cara membangun loyalitas pelanggan. Kharisma pun langsung menjawab bahwa saat ini menghadirkan inovasi dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk customer loyalty. “Inovasi, dapat dihadirkan melalui produk baru atau cara penyajian produk yang berbeda. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman baru dalam customer journey yang membantu membangun loyalitas pelanggan,” jelas pria kelahiran Surabaya tersebut.


Setelah sesi business sharing selesai, seluruh peserta yang hadir kemudian mendapatkan penjelasan mengenai cara pembuatan kopi yang baik bersama Setyo Prayitno hingga pukul 11.00 WIB. Ternyata, hampir semua peserta yang hadir adalah penggemar kopi, sehingga antusias peserta sangat terasa dengan adanya pertanyaan spontan yang mereka lontarkan kepada Setyo.

Usai ibadah solat jumat, kegiatan UPNORMAL IGNITION kembali dilanjutkan dengan sesi tour Paberik Kopi bersama Setyo. Para peserta berkesempatan untuk melihat gudang penyimpanan biji kopi, ruang roasting, hingga ruang packaging yang ada di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters. Saat tiba di depan ruang roasting, seluruh peserta menyaksikan proses roasting yang sedang dilakukan oleh roasters Upnormal. “Untuk masuk ke ruangan tersebut, harus menggunakan penutup kepala, masker, baju, sarung tangan, dan sepatu khusus yang sesuai standard,” jelas Setyo kepada seluruh peserta. Lebih lanjut lagi, Setyo menjelaskan bahwa keseluruhan aktivitas di Paberik ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kopi di lebih dari 80 gerai Upnormal.

Selanjutnya, para peserta UPNORMAL IGNITION mengikuti kegiatan coffee cupping bersama Ahmadi. Sebelum mulai, Ahmadi menjelaskan sekilas mengenai proses mencicipi kopi menggunakan teknik khusus (coffee cupping) tersebut. “Di Upnormal kami melakukan kegiatan coffee cupping setiap satu minggu sekali. Hal ini dilakukan bersama roaster (pemanggang kopi) Upnormal untuk mengevaluasi rasa sehingga kualitas kopi tetap terjaga,” jelas Ahmadi.


Setelah penjelasan mengenai kegiatan coffee cupping di Upnormal usai, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mencoba melakukan proses tersebut secara bergantian. “Saya baru pertama kali mengikuti kegiatan coffee cupping. Bagi saya, aktivitas ini sangat menarik, karena dari beberapa gelas kopi yang dihadirkan, saya dapat merasakan berbagai macam rasa kopi,” ungkap salah seorang peserta asal Universitas Pendidikan Indonesia di akhir acara.


UPNORMAL IGNITION adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh CRP Group setiap dua minggu sekali untuk membangun semangat berbisnis para generasi muda. “Melalui acara ini, setiap peserta yang hadir mendapatkan berbagai insight mengenai cara berbisnis dari banyak narasumber yang sudah berpengalaman,” ujar tim event CRP Group, Sammy. Ia juga menjelaskan bahwa dalam gelaran acara ini tidak dikenakan biaya pendaftaran. Menurutnya, setiap peserta hanya diminta untuk melakukan registrasi yang dibuka sejak H-7 hingga H-1 kegiatan UPNORMAL IGNITION. “Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di media sosial Warunk Upnormal (@Warunk_Upnormal), Upnormal Coffee Roasters (@UpnormalCoffeeRoasters) atau menghubungi contact person yang tercantum pada e-flyer, yaitu saya sendiri (Sammy) 0811-2103-088 atau Very 0821-1765-7331,” ujar Sammy.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group