Terungkap! Rahasia Upnormal Hadirkan Kopi yang Baik untuk Indonesia

Updated: Oct 15, 2019



Bandung, 3 September 2019 - Keajaiban menarik terjadi dalam proses roasting yang mentransformasi green beans menjadi roasted beans. Tahapan tersebut menggabungkan karakteristik kopi dengan perhitungan khusus yang menghasilkan reaksi kimia, sehingga menghadirkan cita rasa kopi yang unik.


“Sebenarnya, dalam proses roasting yang dituju oleh para roasters adalah kompleksitas rasa. Mulai dari aroma, cita rasa, hingga keseimbangan asam dan manis,” ujar Senior Manager Paberik Kopi Upnormal, Arnold Dharma di acara Roasting Experience yang berlangsung di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters. (03/09)


Saat di-roasting biji kopi akan mengering, mengembang, dan mengeluarkan aroma yang khas. Sehingga, seorang roaster perlu memperhatikan beberapa hal, seperti jenis biji kopi yang akan di-roasting, suhu yang digunakan, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan. Pada dasarnya, tidak ada aturan baku untuk mengombinasikan beberapa variable tersebut, namun semakin lama biji kopi disangrai, semakin tinggi pula kompleksitas rasa yang dapat mengubah karakteristik biji kopi.


Selain itu, tingkatan warna dari roasted beans juga bergantung pada panas dan waktu roasting yang dilakukan. Biji kopi yang berwarna lebih terang umumnya memiliki cita rasa asam yang menyegarkan. Sedangkan, tingkatan warna yang medium biasanya diimbangi dengan rasa manis dari proses karamelisasi yang terjadi. Kemudian, warna biji kopi yang gelap cenderung memiliki rasa manis-pahit yang khas.

Di Paberik Kopi Upnormal sendiri telah diberlakukan standar operasional untuk melakukan quality control mulai dari biji kopi yang datang sebelum disangrai, proses roasting menggunakan mesin probatone 25, hingga proses penyajian di atas meja konsumen. Setiap tahapan tersebut dilakukan oleh tenaga kerja profesional yang memiliki semangat #brandlokal untuk menjadikan Kopi Indonesia lebih keren lagi.


Sebagai informasi, Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters juga dilengkapi dengan fasilitas kopi lainnya, seperti area khusus penyimpanan biji kopi, cupping room, area pengemasan, hingga Etalase Kopi Jawa Barat yang menghadirkan 10 Kopi Jawa Barat terbaik versi Upnormal. “Keseluruhan fasilitas yang ada kami gunakan semaksimal mungkin untuk menghadirkan kopi yang baik bagi masyarakat Indonesia,” tutup Arnold.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group