Terungkap! Rahasia Berbisnis Co-Founder CRP Group di Emtek Goes To Campus 2018

Updated: Jul 9, 2019


19 Desember 2018 - Jumlah sarjana di Indonesia yang semakin banyak mengindikasikan tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan pertumbuhan industri yang baik, sehingga tingkat pengangguran di Indonesia pun semakin tinggi. Mengantisipasi hal tersebut, saat ini pemerintah dan para kaum intelektual tengah gencar membangun gairah entrepreneur para mahasiswa agar mereka dapat memiliki jiwa dan semangat berwirausaha yang dapat membantu membangun perekonomian bangsa.


Mahasiswa sebagai salah satu kaum intelek dan tulang punggung reformasi di masa depan dianggap perlu membekali diri dengan semangat dan jiwa entrepreneur. Karena, kaum terpelajar tersebut diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam menciptakan lapangan kerja di masa yang akan datang. Hal ini senada dengan pemaparan Co-Founder CRP Group, Cindy Alvionita Bahder dalam acara Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018. “Anak muda Indonesia dapat berdikari dalam merintis dan mengembangkan bisnisnya. Hal tersebut diharapkan dapat membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik ke depannya,” ungkap Cindy. Mau tahu gelarannya seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!


1. EGTC 2018 di Yogyakarta


Rabu, 17 Oktober 2018, Cindy memenuhi undangan pertamanya sebagai narasumber dalam acara Emtek Goes to Campus 2018 di Graha Sabha Pramana, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Dalam sesinya yang berlangsung di pagi hari, Cindy ditemani oleh moderator, langsung membagikan tips untuk menjadi seorang entrepreneur. Dimulai dari bagaimana mengelola modal usaha, menentukan produk bisnis yang memiliki unique selling, menentukan target market, menjalin komunikasi baik dengan konsumen, hingga membangun tim yang solid. “Sebuah bisnis dapat dimulai dengan modal berapa pun. Sustain atau tidaknya, bergantung bagaimana kita mengelola bisnis tersebut,” ujar Cindy.


Memasuki sesi tanya jawab, peserta yang hadir begitu antusias menyampaikan pertanyaannya kepada Cindy. Sebagian besar peserta mengajukan pertanyaan seputar human management. Salah satunya adalah seorang mahasiswi dari AMA YPK Yogyakarta yang mengajukan pertanyaan bagaimana cara Cindy berbinis dengan teman hingga solid seperti sekarang. Cindy yang sudah memulai berbisnis sejak duduk di bangku kuliah semester lima itu pun mengatakan bahwa kuncinya adalah memiliki visi dan misi yang sama, karena kedua hal tersebut dapat menjadi landasan bagi perkembangan bisnis ke depannya. “Visi dari CRP Group adalah bring happiness through eating experience, sehingga berbagai kegiatan yang kami lakukan sekarang mengacu pada tujuan tersebut,” papar Cindy dihadapan para peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kampus di Yogyakarta.


Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta diselenggarakan pada tanggal 16-18 Oktober dengan menghadirkan tokoh-tokoh penting, yaitu Direktur Utama IEP, Indra Yudhistira; CEO Brodo, Yukka Harlanda; Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, dan Motivator Tung Desem Waringin. Lebih seru lagi, acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh muda yang menginspirasi, seperti Dude Harlino, Valentino Simanjutak, serta para pengisi film "Dancing in the Rain."


2. EGTC 2018 di Bandung


Setelah berbagi pengalaman bisnisnya di Yogyakarta, Cindy kembali hadir sebagai pembicara dalam gelaran EGTC 2018 di Bandung, Rabu, 5 Desember 2018. Bertempat di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Cindy memulai sesinya tepat pukul 13.30 WIB dengan memperkenalkan diri.


Kemudian, Cindy menjelaskan bahwa cikal bakal CRP Group dimulai pada tahun 2013 dengan brand awal Nasi Goreng Rempah Mafia yang dilanjutkan dengan brand-brand lain di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, Cindy juga memaparkan bagaimana membangun sebuah bisnis dari nol hingga menjaga bisnis agar tetap sustain.


Usai menjelaskan materinya, MC membuka sesi interaktif (tanya jawab) bersama Cindy. “Lima orang peserta yang bertanya akan mendapatkan hadiah voucher senilai Rp 100.000,00 dari Warunk Upnormal,” ujar Cindy yang langsung disambut riuh tepuk tangan participant yang hadir. Cindy dan MC yang memandu acara pun sempat kebingungan memilih lima orang peserta, karena hampir seluruh participant mengangkat tangan tinggi-tinggi untuk menyampaikan pertanyaan pada Cindy. Akhirnya, terpilih lima orang peserta yang bertanya seputar cara CRP Group dalam membangun dan mengelola bisnis.


“Bagaimana tips CRP Group menghadapi dunia bisnis yang sering naik turun?” tanya salah satu peserta yang berasal dari Fakultas Pertanian, Universitas Padajdjaran. Cindy menjawab pertanyaan tersebut, “Kami berusaha melakukan review terhadap bisnis kami secara kontinu. Sehingga, ketika bisnis sedang mengalami penurunan, tim kami akan melihat hasil evaluasi tersebut dan mengolah data yang ada untuk dijadikan referensi melakukan perbaikan dan improvisasi terhadap brand kami,” ujar alumni Universitas Padjadjaran tersebut.


Menutup sesinya, Cindy menyampaikan harapannya kepada para peserta. “Semoga sharing kali ini, semakin menginspirasi generasi milenial untuk menekuni bidang entrepreneurship. Sukses untuk teman-teman semua,” ujarnya di akhir acara bersama EGTC 2018 di Bandung.


Kegiatan EGTC 2018 di kota Bandung yang diselenggarakan mulai tanggal 5-6 Desember 2018 menjadi acara terkahir dari serangkaian roadshow yang telah dilakukan oleh Emtek Media Group ke beberapa kota di Indonesia, seperti Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Surabaya. Gelaran yang menjadi ajang berbagi pengalaman dan wawasan ini juga menghadirkan beberapa tokoh inspirasi, seperti CMO & CO Founder Bukalapak, Muhammad Fajrin dan CEO & Founder Brodo, Yukka Herlanda. Lebih seru lagi, EGTC 2018 di Kota Bandung juga dimeriahkan oleh penampilan Budi Doremi, cast Keluarga Cemara seperti Nirina Zubir & Zara JKT 48, serta masih banyak tokoh-tokoh inspirasi terkenal lainnya.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group