Terbaik! Etalase Kopi Jawa Barat di Upnormal

Updated: Jul 9, 2019



25 Juni 2019 - Bandung, 22 Juni 2019, menjadi hari bersejarah bagi Upnormal dalam mendukung perkembangan Kopi Jawa Barat di Indonesia. Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 5, Upnormal menghadirkan ‘Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik’ dalam rangkaian peresmian Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Cihampelas, Bandung.


Berdirinya Paberik Kopi Upnormal di jantung kota Bandung, berawal dari mimpi membangun brand lokal ‘Upnormal’ yang mampu menghadirkan kebanggaan di tanah air, sampai mancanegara. Saat ini perkembangan gerai Upnormal sudah mencapai 106 di 40 kota se-Indonesia dengan harapan jumlah gerai dan kota akan terus bertambah sebagai bukti rekam jejak untuk mewujudkan mimpi tersebut. Pertumbuhan gerai yang baik memberikan dampak positif untuk menghadirkan fasilitas roastery (yang kami sebut Paberik Kopi Upnormal), green bean storage, dan cupping room, untuk melengkapi kebutuhan seluruh gerai Upnormal, sekaligus memberikan pengalaman kopi (coffee experience) yang menyeluruh, mulai dari edukasi bagaimana biji kopi diproses, sampai bisa dinikmati aroma dan rasa nya. Fasilitas roastery ini juga memiliki kapasitas 1 ton kopi sehari, dengan menggunakan mesin Probatone 25.


Dengan semangat #INDONESIAKEREN, Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters juga menghadirkan ‘Etalase Kopi Jawa Barat’ yang menawarkan 10 jenis Kopi Jawa Barat terbaik yang telah diproses seleksi bersama Tim Kopi Development Upnormal. Di sini, pengunjung bisa merasakan coffee experience, yang dimulai dari memilih biji kopi yang diinginkan, me-roasting, hingga brewing sebagai bentuk edukasi kepada konsumen untuk mendukung kemajuan Kopi Jawa Barat dari hulu ke hilir, seperti yang terangkum dalam:

Hulu

Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters akan menjadi tempat pembinaan bagi petani dan prosessor Kopi Jawa Barat untuk memproses biji kopi yang sesuai dengan standar. Mulai dari proses penanaman pohon kopi hingga menghasilkan green beans berkualitas.


Keistimewaan lainnya, Upnormal memberikan informasi mengenai asal – usul biji kopi dengan memanfaatkan teknologi digital traceability melalui QR Code yang pertama di Indonesia. Melalui fitur tersebut, Upnormal menggunakan QR Code yang terdapat pada packaging kopi sebagai salah satu bentuk fasilitas bagi para petani yang selalu berusaha memberikan kelengkapan informasi mengenai biji kopinya. Sehingga, informasi lengkap seputar kopi milik masing-masing petani dapat langsung tersampaikan kepada konsumen.


Di Etalase Kopi Jawa Barat, Upnormal juga menjembatani akses pendanaan dan promosi bagi para petani dengan BRI Agro, melalui program ‘Pemberian Fasilitas Kredit Modal Kerja’. Sehingga, harum Kopi Jawa Barat sebagai ‘A Cup of Java Preanger’ sebagai bagian dari #INDONESIAKEREN semakin dikenal hingga ke mancanegara.

Hilir

Proses pengolahan Kopi Jawa Barat di hilir, juga menjadi perhatian. Pintu Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters akan selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari bagaimana cara me-roasting dan menyeduh kopi yang baik. Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan acara rutin, seperti Coffee Class, Sedekah Ilmu Bisnis, dan Kopi Experience yang dapat memberikan pengenalan dasar biji kopi, teknik penyeduhan, cara roasting, pengenalan rasa berbagai Kopi Jawa Barat, hingga edukasi untuk mengembangkan bisnis kopi.


Belakangan ini Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters juga mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata sebagai destinasi wisata di Kota Bandung. Di sini pengunjung bisa mempelajari perjalanan sejarah Kopi Indonesia dari tahun ke tahun, serta memahami proses pembuatan kopi saat masih berbentuk buah (cery) hingga siap diminum yang dibalut dalam ornamen dinding di beberapa rungan tempat ‘ngopi’.


Sebagai gambaran di ‘Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik’ sendiri, akan menghadirkan sepuluh Kopi Jawa Barat yang telah terpilih melalui proses seleksi bersama Tim Kopi Development Upnormal. Beragam Kopi Jawa Barat tersebut, yaitu Wanoja Coffee, Ranting Estate, Kopi Boehoen, Java Preanger Gunung Tilu, Java Frinsa Estate, Halu Highland, Balantik Coffee Farmers, Kopi Arjuna, Kasuga, dan Coffee Palasari.


"Selain mendukung kemajuan Kopi Jawa Barat, Upnormal ingin memberikan solusi bagi penikmat atau pencari ragam kopi Jawa Barat, untuk bisa datang langsung ke Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters," ujar Dharma Arnold, Q Grader License & Manager Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters.


© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group