SHOWCIAL TIME: Best of The Best Marketing PR Program 2018

Updated: Jul 9, 2019


09 November 2018 - CRP Group kembali menambah rentetan prestasinya. Kali ini apresiasi sebagai “Best of The Best” diperoleh dari program Showcial Time dalam kategori Marketing Public Relations (PR) Program. Mewakili CRP Group, Head of Marketing Communication, Cindy Alvionita Bahder menerima secara simbolis penghargaan tersebut dalam ajang Indonesia PR of The Year di World Trade Centre, Jakarta.


Tidak hanya hadir sebagai penerima apresiasi, Cindy juga berkesempatan menjadi narasumber dalam kegiatan sharing session yang diselenggarakan oleh Indonesia PR of The Year 2018. Pada sesinya yang dimulai pukul 14.00 WIB, Cindy membahas bagaimana Beliau bersama anggota tim lainnya melahirkan program Showcial Time. Sebuah kegiatan yang juga dilakukan untuk menciptakan brand awareness Warunk Upnormal sebagai tempat nongkrong anak muda.


Dalam sesi tanya jawab mengenai perbincangan Showcial Time, seorang participant yang berasal dari Jakarta, langsung bertanya kepada Cindy, “Bagaimana Upnormal menghadapi persaingan bisnis saat ini?” Menanggapi hal tersebut, Cindy mengatakan, “Saat ini kami tidak menganggapnya sebagai sebuah persaingan, tetapi menjadikan hal tersebut sebagai ajang untuk berkolaborasi, bersama-sama membangun kekuatan ekonomi Indonesia.” Pertumbuhan industri makanan dan minuman pada triwulan II tahun 2018 yang mencapai 8,67%, menjadikan industri tersebut sebagai penyumbang kontribusi tertinggi terhadap PDB industri pengolahan non migas. Melihat perkembangan yang cukup baik, Cindy menilai kolaborasi dan fokus terhadap konsumen menjadi salah satu kunci untuk membangun kekuatan ekonomi Indonesia dari sub sektor makanan serta minuman. Diakui Cindy, kolaborasi dan fokus konsumen juga dilakukan oleh Warunk Upnormal, dalam program Showcial Time. Pada periodenya di bulan Oktober-November 2018, Showcial Time bekerja sama dengan salah satu e-commerce dalam bidang online shopping guna memberikan lebih banyak lagi kebahagiaan pada konsumen. Dalam pelaksanaannya, peserta Showcial Time diharuskan follow beberapa account instagram yang tertera dalam caption syarat dan ketentuan. Kemudian upload foto moment “asiknya kebersamaan” di outlet Upnormal saat menikmati diskon yang diberikan oleh salah satu e-commerce tersebut. Selanjutnya tag lima orang teman, serta tambahkan ‘hashtag’ yang telah ditentukan. “Untuk menyesuaikan dengan kebiasan segmen pasar, kamu pun menciptakan peraturan yang simple dan hadiah (gadget) terbaru di tiap periodenya,” tambah Cindy. Beliau menilai hal ini sangat sesuai dengan kebutuhan generasi milenial dan gen Z yang suka nongkrong dan sangat aktif di media sosial dengan budget yang ‘pas’ di kantong. Menurut Cindy, kebutuhan konsumen yang terpenuhi akan menciptakan customer engagement yang baik antara konsumen dengan sebuah brand. Semakin baik hubungan yang tercipta dalam customer engagement maka akan semakin tinggi pula kepuasaan konsumen terhadap sebuah brand. “Proses tersebut pada akhirnya akan menciptakan customer loyal yang akan berdampak pada penjualan dari sebuah brand,” paparnya di akhir sesi sharing Indonesia PR of The Year 2018.


Perhelatan Indonesia PR of The Year 2018 merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan selama dua belas tahun. Pada tahun ini, acara bergengsi tersebut diikuti oleh lebih dari 110 entries yang berpartisipasi dalam lima kategori, yaitu Creative PR Program, Marketing PR Program, Social PR Program, Creative PR Program, Media Relations Program serta Owned Media Program. Kemudian penjurian terhadap program-program tersebut dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari praktisi PR, akdemisi PR, serta media. Juri-juri tersebut adalah, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dan Praktisi PR, Bambang Sumaryanto; Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Adita Irawati; Praktisi dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mercubuana dan Institut Pertanian Bogor, Emilia Bassar; Doktor Komunikasi Pembangungan Institut Pertanian Bogor, Edhy Aruman.


Ditemui di akhir acara Indonesia PR of The Year 2018, Cindy menyampaikan terima kasih kepada ‘Bro/Sist’ (panggilan khusus bagi setiap konsumen di Upnormal) yang sudah berpartisipasi dalam program Showcial Time. Selain itu, Ia juga berterima kasih kepada seluruh konsumen yang tetap setia bersama Upnormal dan brand-brand CRP Group lainnya. Cindy mengatakan bahwa penghargaan ini akan terus memacu CRP Group untuk terus memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam meningkatkan hubungan baik dengan setiap konsumennya, baik itu melalui online media ataupun offline media.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group