Semakin Serius! Upnormal Jadi Juara Cup Tasters 2019

Updated: Oct 15, 2019



Bandung, 06 Agustus 2019 - Kabar menggembirakan datang dari Tim Kopi Development Upnormal. Pada 27 Juli 2019, Head Product Learning & Coffee Development, Setyo Prayitno sukses menjadi juara Cup Tasters Throwdown 2019 di Bandung. Dalam kompetisi tersebut, Ia berhasil menyisihkan 39 peserta lainnya yang berasal dari Bandung, Jakarta, dan Klaten.


Sebelum meraih gelar juara, Tyo (sapaan akrab Setyo) telah melalui 3 tahap kompetisi dengan catatan waktu 00:02:20; 00:02:46, 00:02:16. Menariknya, di babak penyisihan dan final, Ia sukses menemukan kopi yang berbeda dari 8 kelompok kopi yang masing-masing terdiri dari 3 cup kopi. Dalam hal ini, poin yang membedakan berupa aroma, tekstur, acidity, dan beberapa faktor lainnya.


“Senang sekali dapat meraih juara satu dalam Cup Tasters Throwdown di Bandung. Terima kasih, untuk seluruh pihak yang telah mendukung, terutama Tim Kopi Development Upnormal atas support dan bantuannya selama ini,” ujar Tyo.


Jelang kompetisi, Tyo melakukan latihan selama satu minggu bersama Tim Kopi Development Upnormal menggunakan berbagai jenis kopi yang telah melewati beragam proses pengolahan, seperti full washed dan semi washed. Menariknya, satu hari sebelum pertandingan Tyo tidak melakukan persiapan apapun. Waktu tersebut digunakan Tyo untuk beristirahat sambil melatih kesiapan mental agar tidak terlalu stres.


Latihan yang dilakukan dalam waktu singkat tidak menjadi hambatan bagi Tyo. Dalam pekerjaannya sehari-hari, Ia dan tim terbiasa melakukan quality control terhadap produk kopi yang diproduksi oleh Paberik Kopi Upnormal, mulai dari proses penerimaan green beans di gudang penyimpanan, pemanggangan oleh roasters, hingga pengiriman ke 103 gerai Upnormal. Dalam proses tersebut, kepiawaian Tyo untuk menganalisis kopi sangat dibutuhkan. Karena, kontrol yang baik menjadi salah satu faktor utama dalam menjaga kualitas kopi favorit konsumen. Dari pekerjaan yang terus mengasah kapabilitasnya, menjadikan Tyo tampil percaya diri dalam ajang kompetisi Cup Tasters Throwdown 2019.



Practice makes perfect’ menjadi kalimat yang menggambarkan proses keberhasilan Tyo dalam ajang Cup Tasters Championship 2019. Bagi pria yang juga pernah menjadi juara 1 Coffee Master pada International Bandung Coffee Festival 2017, proses latihan dapat menjadi motivasi bagi siapapun yang ingin sukses, tak terkecuali para pelaku industri kopi.


Cup Tasters Throwdown 2019 yang diselenggarakan oleh Coffee HQ X Klasik Beans terdiri dari 3 babak. Dalam setiap babaknya, setiap peserta harus menemukan 1 kopi yang berbeda di antara 3 cup kopi yang tersaji sebanyak 8 kali. Poin perbedaan antara kopi satu dengan lainnya bisa berupa tingkat rasa—bagaimana kadar manis atau pahit dalam setiap cup kopi. Aroma ataupun kadar keasaman kopi juga dapat menjadi pembanding. Kontestan yang dapat menebak paling akurat dan cepat akan menjadi pemenang.


Lebih serunya lagi, dalam kegiatan tersebut tidak sedikit peserta perempuan yang turut berpartisipasi. Kompetisi ini menjadi salah satu ajang unjuk kebolehan para pelaku industri kopi di Bandung.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group