Sedekah Ilmu Bisnis ke-41: Good Bye Funnel, Hello Flywheel!

Updated: Jul 9, 2019


13 Desember 2018 - Kegiatan Sedekah Ilmu Bisnis ke-41 digelar di Warunk Upnormal Tebet, Jalan K.H Abdullah Syafei No. 45C, Jakarta Selatan. Kali ini, acara yang menjadi ajang untuk berbagi ilmu bisnis tersebut dimoderatori langsung Founder CRP Group, Rex Marindo. Bersama dengan seorang marketer yang ahli di bidang inbound matketing, Saiful Islam, Rex memimpin jalannya kegiatan business sharing yang membahas tema “Good Bye Funnel, Hello Flywheel”.


Sesi sharing berlangsung mulai pukul 14.00 WIB dengan diawali penjelasan mengenai Inbound marketing, yaitu strategi pemasaran modern melalui konten-konten menarik. Strategi ini dilakukan sebagai upaya agar calon konsumen tertarik mencari produk dari sebuah brand dan mendorongnya menjadi pembeli serta konsumen berulang.


Selanjutnya, Saiful memaparkan tiga sub tema yang akan dibahas, yaitu Fixing the Broken Sales Funnel, Growth Equation with Flywheel model, dan Flywheel Practice.

Sales Funnel merupakan salah satu sistem marketing untuk menjaring calon konsumen (prospected costumer) dan menjadikannya sebagai pembeli berulang (repeat buyer). Sayangnya, saat ini metode tersebut dianggap kurang efektif, karena kurangnya keterlibatan konsumen dalam setiap tahapan pengenalan produk, pemasaran, dan penjualan. Sehingga, untuk memperbaiki penjualan produk atau jasa yang dimiliki oleh para marketers, banyak dari mereka yang mulai menerapkan Flywheel model dalam strategi bisnisnya.


Flywheel model merupakan strategi yang mempertimbangkan bagaimana pelanggan berinteraksi dengan brand pada tahapan-tahapan dalam customer journey, seperti proses pemasaran produk, transaksi, hingga pelayanan. Strategi yang kini sedang hangat diperbincangkan dikalangan marketers ini diyakini dapat menghadirkan hubungan dengan pelanggan yang kontinu, sehingga tidak hanya menghadirkan pelanggan baru tetapi juga loyalitas pelanggan.


Acara Sedekah Ilmu Bisnis kali ini diikuti oleh kurang lebih 50 peserta. Tiap peserta berinvestasi senilai Rp 50.000,00 untuk mengikuti rangkaian acara tersebut sembari menikmati satu gelas Si Eko, serta snack.


Lebih lanjut lagi, tim Event CRP Group, Very menjelaskan bahwa program Sedekah Ilmu Bisnis adalah salah satu kegiatan yang terus diadakan oleh CRP Group secara berkala. “Bagi penggiat bisnis yang belum berkesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan rutin CRP kali ini tidak perlu berkecil hati, karena dapat mengikuti acara tersebut di lain kesempatan. Untuk informasi jadwal penyelenggaraan dapat dicek pada seluruh media sosial brand CRP Group,” jelas Very. Ia juga mengatakan bahwa pendaftaran dilakukan oleh peserta sejak H-7 hingga H-1 berlangsungnya acara dengan registrasi online melalui link yang ada di media sosial seluruh brand CRP Group.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group