Peduli Kesehatan Mental, Upnormal dan Ibunda.id Gelar Curhat on the Wheels



Bandung, 22 Oktober 2019 - Pada tahun 2019 ditemukan sebuah fakta yang mengejutkan bahwa sekitar 800.000 orang di dunia meninggal karena bunuh diri.* Salah satu penyebab peristiwa tragis tersebut adalah masalah kesehatan mental yang diderita seseorang, seperti depresi, stres, dan bullying. Adanya fenomena gangguan mental yang terjadi menjadi alasan Upnormal bekerja sama dengan ibunda.id untuk menggelar kegiatan ‘Curhat on the Wheels’ di Upnormal Coffee Roasters, Paberik Kopi Cihampelas, (12/10).


“Kolaborasi ini menjadi salah satu upaya kami untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental,” ujar Manager Media Relations CRP Group, Jelita Pramesti. Sekaligus menjadi bukti nyata dukungan Upnormal dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati pada 10 Oktober 2019.


Rangkaian acara ‘Curhat on the Wheels’ yang berlangsung di Upnormal juga menjadi salah satu upaya untuk menolong para peserta yang terkena depresi, stres dan gangguan mental lainnya. Dalam program tersebut, Upnormal memfasilitasi ibunda.id untuk menggunakan area outlet sebagai lokasi pertemuan peserta dan konselor yang akan mengikuti program ‘Curhat on the Wheels’. Berawal dari outlet Upnormal, mereka akan berkeliling kota menggunakan mobil khusus sembari berkonsultasi mengenai permasalahan yang sedang dihadapi. Konsultasi dengan gaya yang lebih santai ini dapat menjadikan peserta lebih rileks dan nyaman saat berkomunikasi dengan konselor untuk mendapatkan saran yang terbaik.



Isu kesehatan jiwa tak bisa dipandang sebelah mata. Tak terkecuali bagi Generasi Milenial dan Gen-Z, sebab masalah gangguan mental bisa menyerang siapa saja. Bahkan, baru-baru ini dunia dikejutkan dengan kabar duka dari Artis Korea, Suli yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.


Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan mental dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbagi tentang rasa kepada orang terdekat, berolahraga, dan berupaya untuk menerapkan pola makan sehat. Selain itu, melakukan hobi di sela-sela aktivitas, mengikuti kegiatan positif di komunitas, hingga mempercayai kelebihan pada diri sendiri juga diyakini dapat membantu mencegah terjadinya gangguan mental yang berdampak pada bunuh diri.


Selain upaya pencagahan, Anda juga bisa mencari bantuan jika mengetahui ada sahabat, kerabat atau diri Anda sendiri yang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri. Informasi terkait depresi dan isu kesehatan mental bisa diperoleh dengan menghubungi dokter atau psikolog di rumah sakit terdekat.


---------------------------------------------------------------------------------------------------

* https://www.inews.id/lifestyle/health/setiap-40-detik-satu-orang-meninggal-karena-bunuh-diri

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group