NGO-PI: Bagaimana Cara Membangun dan Mempertahankan Sebuah Bisnis?

Updated: Jul 9, 2019


7 Desember 2018 - Co-Founder CRP Group, Hendra Noviyanto hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Ngobrol Pilihan (NGO-PI) di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Cihampelas, Bandung. Dipandu oleh Business Owner Darwis Corporation, Abi Darwis, Hendra bersama Owner Billioner Group, Dewa Eka Prayoga membahas mengenai bagaimana cara membangun, mempertahankan, hingga membuat bisnis scale up di masa mendatang.


Dalam sesi yang dimulai pukul 10.00 WIB ini, Hendra menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur saat hendak memulai bisnisnya, yaitu melakukan riset, validasi data, dan ekseskusi.


Selain itu, Hendra juga menjelaskan bahwa untuk membangun bisnis yang sustain dan scale up diperlukan backbone yang kuat, tim yang solid dan sistem yang baik untuk menjalankan bisnis tersebut. “Untuk membangun sistem yang baik kita perlu memiliki visi dan misi perusahaan yang jelas terlebih dahulu,” ujar Hendra dihadapan kurang lebih 20 peserta yang hadir dari berbagai wilayah Indonesia.


Menutup acara NGO-PI, seluruh partisipan yang hadir diajak mengunjungi Paberik Kopi Upnormal. Saat kegiatan ini, Hendra juga menjelaskan bagaimana proses pembuatan kopi yang baik dari Upnormal dan memperlihatkan mesin roasting Probat yang digunakan untuk proses roasting (sangrai) kopi kepada para peserta. Namun, seluruh peserta yang merupakan anggota dari Empowering Indonesia Networking (EMINET) ini hanya dapat melihat dari luar ruangan roasting, karena adanya standard kehigienitasan yang harus dijaga.


Empowering Indonesia Networking (EMINET) merupakan organisasi sosial kemasyarakatan dan non politik yang mewadahi para alumni Grounded (sebuah lembaga yang memiliki program pelatihan bisnis) agar dapat terus saling memperluas dampak dan kontribusi bagi masyarakat Indonesia.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group