Los Angeles & San Francisco, Dua Kota di USA Tempat Berkumpulnya Penikmat Kopi Indonesia

Updated: Jul 9, 2019



25 Februari 2019 - Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brazil dan Vietnam. Beberapa jenis kopi Nusantara bahkan sudah memiliki penggemarnya di kancah Internasional. Sayangnya, belum banyak pencinta kopi di luar negeri yang mengenal aneka kopi kualitas terbaik dari bumi pertiwi. Untuk itu, Upnormal bekerja sama dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) menggelar acara yang bertujuan mempromosikan kopi kualitas terbaik dari Indonesia di Los Angeles dan San Francisco, Amerika Serikat. Mau tahu keseruannya seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!



1. Di Los Angeles, Upnormal Hadirkan Pengalaman ‘Ngopi’ Terbaik dari Indonesia

Di Amerika Serikat, sekitar 54% penduduk berusia di atas 18 tahun mengonsumsi kopi setiap harinya. Amerika pun menjadi negara pengimpor kopi terbesar di dunia senilai 4 miliar dolar Amerika per tahunnya. Melihat target pasar yang potensial tersebut, Upnormal dan ITPC menyelenggarakan kegiatan ‘To Experience the Best of Indonesian Coffee’ di Los Angeles, Amerika, 5 Februari 2019.


Kegiatan yang mengangkat tema ‘Kopi Indonesia Experience by Upnormal’ ini dihadiri oleh para pemilik restoran dan coffee shop di Los Angeles. Selain, dapat mencicipi kopi kualitas premium dari Indonesia, mereka juga mendapat penjelasan mengenai ragam kopi terbaik dari Nusantara yang disampaikan langsung oleh General Manager Kopi Business CRP Group, Daroe Handojo. Dari mulai proses menanam, memanen, mengolah, hingga memasarkan kopi Indonesia.


“Kami ingin menyampaikan cerita di balik kopi kualitas terbaik dari Indonesia. Masyarakat di Amerika Serikat ini sangat tertarik dengan cerita-cerita mengenai pembuatan kopi yang sering mereka konsumsi,” ujar Daroe.


2. Menghadirkan Berbagai Kopi Premium dari Nusantara

Dalam acara yang berlangsung pukul 15.00 waktu setempat, Daroe membawa beberapa kopi single origin kualitas terbaik dari Indonesia, seperti Kopi Ciwidey, Kopi Gayo, Kopi Bali, Kopi Toraja, dan Kopi Lintong. Tidak ketinggalan, Daroe juga menghadirkan Upnormal House Blend Coffee dengan logo Kopi Indonesia.

Antusias tamu yang hadir begitu terlihat saat mencicipi beragam kopi yang disajikan langsung oleh Daroe dengan teknik manual brew. Rasanya yang kompleks dan unik menjadi daya tarik utama bagi para pencinta kopi di Los Angeles. Ditambah lagi, ketika Daroe mengombinasikan House Blend Coffee dari Upnormal dengan Jahe yang memberikan sensasi hangat ke dalam tubuh saat konsumen menyeruput segelas kopi. “Rasanya seperti minum Bandrek,” ujar Daroe.


3. Setelah Los Angeles, Kini Giliran San Francisco

Tidak hanya di Los Angeles, kegiatan mempromosikan beragam kopi pilihan dari Indonesia juga dilakukan oleh Upnormal di San Francisco, 7 Februari 2019. Dalam penyelenggaraannya, kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 20 orang pengusaha kopi dan restoran yang ada di San Francisco, Amerika Serikat.


Seluruh pengunjung yang hadir tertarik terhadap kopi Indonesia yang disajikan karena rasanya yang khas, spesial, dan eksotis. Kopi Indonesia juga memiliki variasi yang beragam, baik jenis kopi ataupun teknik pembuatannya, sehingga menarik untuk dipelajari dan diketahui oleh para pengunjung.


Di San Francisco sendiri, kopi telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kota ini. Hal tersebut, didukung dengan salah satu fakta bahwa setiap pagi para pekerja kantoran di San Francisco terlihat antri di berbagai kedai kopi yang begitu menjamur di kota yang terletak di tepian laut Pasifik itu


Sejak awal tahun 2018, CRP Group melalui brand Upnormal telah mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan pemasaran kopi di pasar Amerika Serikat. “Beberapa waktu lalu, kami juga telah mengekspor 13 ton Upnormal House Blend Coffee dengan logo Kopi Indonesia ke Amerika,” ujar Daroe.


ITPC sendiri adalah bagian dari Kementerian Perdagangan Indonesia yang bertugas untuk mengembangkan pasar dan mempromosikan perdagangan Indonesia di luar negeri. Dalam menjalankan programnya, organisasi pemerintah tersebut aktif mengadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan produk-produk asli dari Indonesia, seperti Farmers Market, Brentwood Farmers Market, dan 24 Hour Coffee & Tea Bar di Los Angeles.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group