Jogja Halal Fest 2018: Inovasi Bisnis Ala Rex Marindo

Updated: Jul 9, 2019


10 November 2018 - Rex Marindo, Direktur Marketing sekaligus Co-Founder CRP Group memenuhi undangan sebagai narasumber dalam Talk Show Bisnis yang diselenggarakan oleh Jogja Halal Fest 2018. Bertempat di Jogja Expo Centre, acara yang mengangkat tema ‘Berbagi Ilmu Bisnis Tingkat Langit’ ini mencoba menjembatani para pelaku bisnis untuk saling menambah wawasannya mengenai cara membangun usaha syariah.


Dimulai tepat pukul 15.30, Rex berbagi ragam pengetahuan dan pengalamannya kepada para peserta. “Sebuah bisnis tidak dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya Inovasi,” ucap Rex Marindo saat mengawali perbincangan. Langsung menuju pokok pembicaraan, menurut Rex, ada tiga cara untuk menciptakan sebuah inovasi, yaitu Objectives, Insight, dan Number.


Objectives dalam hal ini adalah menetapkan tujuan dari sebuah inovasi yang tercipta. Misalnya ketika ingin meningkatkan kepuasan konsumen saat melakukan ritual ngebakso, Bakso Boedjangan menghadirkan sistem prasmanan. Dengan sistem ini, konsumen dapat langsung memilih bakso & kuah kesukaannya tanpa harus menunggu lama.


Kemudian Insight, yaitu mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi terkait bisnis yang ditekuni. “Untuk mendapatkan insight tentang sebuah bisnis yang akan kita tekuni, kita dapat membaca buku, searching di internet, sharing dengan teman hingga melakukan research,” sambung Rex di hadapan para peserta.


Terakhir Numbers, yaitu membuat target dalam bentuk nominal atau angka keuntungan dari inovasi yang akan diciptakan. Sebagai pebisnis memiliki target nominal di setiap tahunnya adalah sebuah keharusan. Untuk mencapai target tersebut, seorang pelaku bisnis harus bergerak mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi. Dalam hal ini, Rex Marindo bersama teman-temannya mencoba menerapkan Pager System di beberapa gerai Upnormal untuk mencapai target. Sistem tersebut dianggap sebagai suatu inovasi baru bagi masyarakat, karena cara kerjanya yang langsung berdering ketika makanan sudah siap dan konsumen dapat langsung mengambil sendiri makanannya. Selain menghadirkan keunikan, sistem ini dinilai mampu mengurangi employee cost hingga 50% yang berdampak pada corporate profit.


Pada sesi yang sama, Rex juga ditemani oleh Jody Broto Suseno, pemiliki Waroeng Steak & Shake untuk sama-sama berdiskusi sehingga dapat menginspirasi anak muda penggiat bisnis yang hadir di acara Talk Show Bisnis Jogja Halal Fest 2018.


Jogja Halal Fest yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Yogyakarta ini berlangsung dari tanggal 11- 14 Oktober 2018. Tidak hanya menghadirkan Talk Show bisnis, acara ini juga menyelenggarakan event Seminar Nasional, yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, seperti Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership, Ustadz Salim A Fillah, Peggy Melati Sukma, Marissa Haque, serta beberapa figure penting lainnya. Selain itu, Jogja Halal Fest pun menyelenggarakan pameran dengan beragam stand yang terdiri dari hotel, kuliner, produsen kosmetik, busana muslim, buku-buku islami hingga travel umroh dan haji yang tentunya halal.


Setelah berlangsung selama empat hari, perhelatan Jogja Halal Fest 2018 resmi ditutup pada Minggu (14/10) malam, dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, diantaranya Kyai Ma'ruf Amin dan Ketua Umum PP MES sekaligus Ketua Dewan Komisoner OJK, Wimboh Santoso. Saat menaiki panggung untuk memberikan sambutan dan menutup acara, Ma'ruf mengimbau masyarakat muslim untuk menjadikan halal sebagai jalan dan gaya hidup sehari-hari. "Halal is my life," ajak Ma'ruf.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group