Jakarta PSBB Ketat! Warunk Upnormal Lakukan 3 Upaya Dukung Aturan Pemerintah

Kebijakan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diberlakukan, sejak 14 September 2020 di DKI Jakarta. Di tengah anjuran pemerintah tersebut, brand lokal kekinian, Warunk Upnormal turut beradaptasi demi menjaga keamanan bersama dengan menyesuaikan berbagai kebijakan di area gerainya, baik yang berada di wilayah Jakarta maupun kota lainnya. Lalu, apa saja yang dilakukan oleh Upnormal untuk mendukung kebijakan saat ini? Simak ulasannya berikut ini!



1. Memperketat Penerapan Protokol Kesehatan di Tiap Gerainya

Sebagai salah satu tempat ngopi yang tersebar di lebih dari 40 kota se-Indonesia, Warunk Upnormal termasuk salah satu bisnis yang terdampak selama pandemi Covid-19. Saat mengunjungi gerai untuk melakukan pemesanan take away, konsumen akan melihat papan informasi yang menuliskan nama karyawan yang bekerja beserta dengan informasi suhu tubuh dari masing-masing karyawan. Tak hanya itu, tim operasional juga memperketat dan meningkatkan frekuensi penerapan SOP yang mengatur keamanan, kebersihan dan higienitas dari tiap produk. Mereka pun menerapkan sistem contactless saat memproduksi makan-minum dengan menggunakan masker dan sarung tangan khusus. Selain memperketat penerapan protokol kesehatan standar sesuai dengan anjuran pemerintah, semua lokasi gerai Warunk Upnormal juga dibersihkan dengan disinfektan secara berkala. Termasuk, mengatur jumlah pelanggan yang hendak melakukan take away dengan memasang marka di lantai, meja, dan kursi. Hal tersebut bertujuan agar konsumen tetap menjaga jarak saat sedang menunggu pesanan.

Langkah pencegahan yang serupa juga diberlakukan di area konsumen. Setiap konsumen yang hendak memasuki gerai untuk melakukan take away wajib melewati pemeriksaan dan pencatatan suhu tubuh yang dilanjutkan dengan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Saat di area gerai, konsumen juga dapat membersihkan tangan dengan sabun cuci tangan yang telah disediakan di berbagai area, mulai dari toilet, wastafel hingga tempat wudhu. Mereka juga dihimbau untuk tetap memakai masker saat berada di gerai. Keseluruhan upaya tersebut dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselematan berbagai pihak, mulai dari karyawan, konsumen hingga mitra.


2. Menutup Sementara Fasilitas Dine-in di Area Jakarta

Selama PSBB ketat di Jakarta yang kedua kalinya ini, Warunk Upnormal secera serentak menutup sementara fasilitas dine-in di seluruh gerai yang berada di wilayah DKI Jakarta. Meski demikian, konsumen yang rindu dengan beragam menu makan-minum kekinian dari Warunk Upnormal tetap bisa memesan berbagai produk tersebut secara take away dan melalui online delivery. Bagi masyarakat yang melakukan pemesanan take away pun dihimbau untuk selalu menggunakan masker serta mencuci tangan sebelum memasuki area gerai untuk melakukan pemesanan take away dan menerapkan pembayaran cashless. Konsumen juga tidak dianjurkan untuk mencicipi pesanannya secara langsung di outlet. Menurut manajemen Upnormal, konsumen dapat lansgung membawa pesanannya pulang ke rumah untuk dinikmati bersama orang tersayang. Dengan ditutupnya fasilitas dine-in di area Jakarta diharapkan dapat membantu pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan pasien Covid-19 di Indonesia.


3. Menganjurkan Pembayaran secara Cashless

Selanjutnya, Warunk Upnormal menghimbau kepada setiap konsumen untuk melakukan pembayaran secara cashless saat melakukan pemesanan take away, salah satunya dengan Shopeepay yang menawarkan cashback hingga 30%. Dengan keistimewaan sistem yang ada, konsumen dapat membayar melalui ponsel pribadi, sehingga meminimalisir interaksi dengan benda lain. Tak hanya itu saja, adanya fasilitas cashless juga menjadi salah satu upaya untuk mendorong penggunaan transaksi non-tunai di berbagai lapisan masyarakat, terutama pada kondisi saat ini. Secara teknis, manajemen Warunk Upnormal berharap bahwa fasilitas dompet digital di tiap gerai juga dapat memberikan value yang lebih bagi konsumen untuk meningkatkan transaksi per hari melalui berbagai program yang ditawarkan, seperti potongan harga atau diskon. Harapan lainnya juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen saat melakukan transaksi di masa pandemi saat ini.


Sebagai informasi, penutupan sementara area dine-in hanya berlaku untuk wilayah Jakarta. Sedangkan, untuk gerai Warunk Upnormal area lainnya, masih menerima dine-in. Namun, saat melakukan transaksi, konsumen dihimbau untuk menggunakan fitur Pay at Table yang terdapat pada aplikasi Upnormal. Melalui sistem tersebut, konsumen dapat memesan langsung dari meja dan melakukan pembayaran menggunakan dompet digital.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group