Ini Dia! Upaya Upnormal Tingkatkan Perkembangan Kopi Indonesia

Updated: Jul 9, 2019


(Dari kiri ke kanan: Co-Founder SEEDS, Derby Sumule; Co-Founder & CEO SEEDS, Anand Maulani; Direktur Utama BRI Agro, Agus Noorsanto; General Manger Business Kopi CRP Group, Daroe Handojo)


25 Juni 2019 - Upnormal, menggunakan 100% biji Kopi Indonesia yang dibeli langsung dari para petani lokal sebagai bahan baku untuk memproduksi seluruh minuman kopi yang ada di 106 gerai se-Indonesia. Sehingga, Upnormal berkomitmen untuk meningkatkan perkembangan Kopi Indonesia. Salah satu bentuk nyata komitmen tersebut diwujudkan melalui kegiatan sharing session bersama para pelaku bisnis kopi yang menghadirkan Direktur Utama BRI Agro, Agus Noorsanto; Co-Founder & CEO SEEDS, Anand Maulani, dan Co-Founder SEEDS, Derby Sumule dalam rangkaian acara Grand Launching Paberik Kopi Upnormal – Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik. (23/06/2019). Mau tahu seperti apa? Simak faktanya berikut ini!

1. Membantu Menjembatani Pendanaan Petani di Hulu

Dalam rancangan yang dibentuk Tim Kopi Development Upnormal, progam pendanaan untuk petani menjadi fokus penting. Oleh karena itu, sebagai bentuk bukti nyata Upnormal menggelar sharing session yang membantu menjembatani para pelaku bisnis di industri kopi untuk bertemu langsung dengan tim BRI Agro yang diwakili oleh Direktur Utama BRI Agro, Agus Noorsanto.


Beliau menyampaikan bahwa BRI Agro turut hadir dan berkontribusi dalam industri kopi. Salah satunya dengan menghadirkan program pinjaman bagi pelaku bisnis kopi, mulai dari petani, prosessor hingga pemilik kedai kopi. Pengajuan pinjamannya pun dapat langsung diajukan melalui aplikasi online, PINANG (Pinjamana Tenang).


Aplikasi di atas merupakan produk pinjaman digital BRI Agro yang sudah dilengkapi dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature. Pengajuan dengan aplikasi tersebut dapat dilakukan tanpa harus datang ke bank dan tatap muka secara langsung. Selain itu, proses hadirnya aplikasi PINANG juga mempercepat proses pengajuan sampai dengan pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 sampai 12 bulan.

2. Dukung Petani Melalui Teknologi Digital Traceability Pertama di Indonesia

Pertanyaan seputar asal usul kopi yang disajikan telah menjadi musik repetitif di meja seduh kopi. Walaupun sudah ada penjelasan di bungkus atau toples biji kopi, bagi pelanggan rasanya tidak afdol kalau belum bertanya langsung. Melihat fenomena tersebut, Upnormal bekerja sama dengan SEEDS, menghadirkan teknologi digital traceability melalui QR Code yang pertama di Indonesia.


Fitur kekinian tersebut mulai diterapkan Upnormal di Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik yang berlokasi di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Cihampelas, Bandung. Dalam praktiknya, pembeli dapat mengetahui proses pengolahaan biji kopi single origin yang akan dibelinya mulai dari hulu hingga ke hilir. “Selama ini kita sulit memverifikasi data pengolahaan kopi. Sehingga, melalui sistem ini kita bisa mencatat dan melacak keseluruhan informasi secara digital,” ujar Anand Maulani. Sisi positifnya, pelanggan bisa mendapatkan informasi yang lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Keistimewaan lainnya, melalui sistem traceability yang diterapkan oleh SEEDS, petani kopi dapat menjual kopinya langsung di online store yang dapat mempertemukan pembeli dan penjual dengan kualitas kopi yang telah melewati penelusuran melalui platform seeds.

“Ini menjadi salah satu hal positif yang dapat kita lakukan untuk semakin mengembangkan industri Kopi Indonesia, khususnya Kopi Jawa Barat yang kami pamerkan di etalase Kopi Jawa Barat,” ujar General Manger Business Kopi CRP Group, Daroe Handojo.


Sebagai gambaran SEEDS merupakan online web platform berbasis blockchain yang memiliki fungsi utama untuk memantau perjalanan komoditas daru hulu ke hilir. Mulai dari proses yang terjadi di distributor, roaster, hingga menghadirkan produk di B2B Marketplace.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group