Ini Dia! 3 Trik Optimalkan Media Sosial dari CRP Group

Updated: Jul 9, 2019


01 Desember 2018 - Saat ini pengguna internet Indonesia yang aktif di media sosial sudah mencapai 130 juta orang, dengan 3 miliar akun yang terdaftar di berbagai media sosial tersebut. Ditemukan pula sebuah fakta bahwa 79% pengguna media sosial menggunakan Instagram dan platform sosial lainnya lebih dari tiga jam per hari. Melihat fenomena tersebut, media sosial dapat menjadi sarana komunikasi efektif bagi kegiatan penjualan dan promosi yang dilakukan oleh pelaku bisnis. Lalu, bagaimana mengelola bisnis yang efektif melalui media yang sangat digandrungi kaum milenial ini? Senior Executive Manager Media Communications CRP Group, Cindy Alvionita Bahder memaparkan mengenai ‘Best Practice Social Media for Your Business’ dalam acara Sedekah Ilmu Special Edition di Warunk Upnormal Cihampelas Walk, Bandung. Simak ulasannya berikut ini.


1. Pilih Media Sesuai dengan Target Pasar

“Zaman sekarang, kita memiliki beraneka ragam pilihan media sosial. Dimulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube hingga LinkedIn. Dan, setiap media sosial tersebut tentunya memiliki demografisnya sendiri-sendiri,” ujar Cindy di awal sesinya pukul 15.30 WIB. Menurut Beliau seorang entrepreneur harus memilih media sosial berdasarkan target pasar dan strategi bisnis yang telah ditentukan. “Dengan begitu konten dan layanan yang ditawarkan menjadi lebih tepat sasaran,” tambahnya.


“Setelah memilih media sosial, sebaiknya kita mempelajari dan mengoptimalkan media yang akan digunakan tersebut,” lanjut Cindy. Penerapannya dapat dilihat pada beberapa brand CRP Group yang memilih Instagram sebagai salah satu media sosial utama. Alasannya karena target market dari setiap brand CRP Group kebanyakan adalah Generasi Milenial dan Gen Z yang sangat masif di Instagram. “Untuk mengoptimalkan Instagram, kami mencoba melakukan beberapa cara seperti menggunakan Instagram business, menuliskan profile Instagram yang sesuai dengan nama brand, real assets followers, relatable following, verification status hingga menghadirkan konten-konten Instagram post, story highlight, dan IG TV,” jelas Cindy.


2. Menghadirkan Konten Kreatif yang Konsisten

Melanjutkan pembahasannya, Cindy mengatakan bahwa konten menjadi salah satu hal penting di media sosial. Melalui konten yang berkualitas diharapkan mampu menarik perhatian serta minat konsumen terhadap sebuah brand. “Ada beragam konten yang dapat diaplikasikan di media sosial, seperti promoting products, fun gimmicks, aktivitas terbaru dari brand yang bersangkutan, promo konten hingga kolaborasi konten bersama brand lain,” papar wanita yang kini tengah mengelola 12 brand bersama CRP Group tersebut.


Selain itu, Cindy juga mengingatkan untuk selalu konsisten melakukan inovasi, mengikuti trend di media sosial serta menerapkan apa yang disukai oleh pasar digital. “Keseluruhan aktivitas dan cara tersebut dilakukan untuk dapat me-maintain konsumen di media sosial, menciptakan engagement dengan konsumen melalui media sosial, hingga menarik minat target pasar yang belum mengikuti account media sosial dari sebuah brand.


3. Review, Improve dan Remove

Selanjutnya, Cindy juga mengatakan kepada seluruh peserta yang hadir untuk melakukan analisis terhadap konten-konten yang telah di-posting di media sosial. “Mengamati respons dari masyarakat terhadap konten yang telah dibuat, memberikan insight kepada setiap pemilik brand, apakah konten tersebut sesuai dengan target pasar atau tidak,” terang Cindy. Lalu bagaimana caranya me-review konten di media sosial? Cindy menjelaskan bahwa sebuah konten dapat dianalisis melalui beberapa fasilitas yang ada di platform media sosial atau menggunakan beberapa platform digital lainnya.


“Setelah melakukan review terhadap suatu konten, kita akan mengetahui seberapa baik konten tersebut di mata konsumen. Jika responsnya kurang baik, kita bisa melakukan improvisasi dengan mix and match konten yang sesuai. Namun jika sudah baik, kita dapat meningkatkan kualitasnya untuk menjadi lebih baik dan menarik lagi,” tutup Cindy dalam acara Sedekah Ilmu Special Edition.


Sedekah Ilmu Special Edition merupakan salah satu program berbagi ilmu yang digagas oleh CRP Group dan bekerja sama dengan lembaga non-provit, Resonation yang memfasilitasi wanita se-Asia Pasifik untuk bersuara dan melakukan perubahan. “Semoga dengan adanya Sedekah Ilmu ini, dapat mendukung kampanye yang dicanangkan oleh Resonation,” ujar Cindy.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group