Hadir di 3 Acara Sekaligus, CRP Group Dukung Perkembangan SDM

Updated: Jul 9, 2019

24 November 2018 - Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia masih dinilai kurang memiliki kemampuan dan keterampilan oleh beberapa pihak. Melihat keadaan tersebut, pemerintah bersama perusahaan-perusahaan swasta di Indonesia berupaya untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh SDM dengan berbagai cara. Dimulai dari memperbaiki kualitas pendidikan hingga mengadakan pelatihan, workshop, dan seminar bersama narasumber yang sudah ahli di bidangnya.


CRP Group, sebagai salah satu perseroan yang hadir di tengah-tengah masyarakat pun turut berpartisipasi menjadi narasumber dalam beberapa acara yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Seperti 3 kesempatan sekaligus yang dihadiri oleh perwakilan CRP Group sebagai pembicara berikut ini.


1. Komunitas Bukalapak, Kopdar Akbar 2018


Deputy Corporate Communication, Sarita Sutedja memberikan materi dalam workshop yang diselenggarakan oleh Komunitas Bukalapak di acara Kopdar Akbar 2018. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Pahlawan Ekonomi Baru’ tersebut dimulai tepat pukul 09.00 di The Hall Senayan City, Jakarta. Dalam acara tersebut Sarita membahas bagaimana mengelola tim dalam jumlah yang banyak serta menghadirkan manajemen yang baik dalam sebuah bisnis.


Bagi Sarita, tidak ada pemimpin yang dapat melakukan kegiatan ‘besar’ sendirian, maka seorang pemimpin pasti membutuhkan tim yang solid. Untuk mengelola tim tersebut diperlukan keterampilan komunikasi serta kepercayaan antara tim dan leader. Sarita juga menambahkan bahwa membangun hubungan kerja yang positif, saling menghargai, hingga memberikan contoh yang baik bagi anggota tim dapat menjadi cara untuk menciptakan manajemen tim yang solid.


Selain workshop bersama Sarita, kegiatan Komunitas Bukalapak Kopdar Akbar 2018 juga menghadirkan 9 kelas workshop bisnis kreatif lainnya yang dapat diikuti oleh seluruh peserta. Lebih dari itu, pada kesempatan ini setiap ‘Pelapak’ juga dapat berdiskusi lebih dekat dengan Co-Founder dan President Bukalapak, Fajrin Rasyid dan Vice President of Engineering Bukalapak, Ibrahim Arief. Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018 pun semakin meriah dengan hadirnya pameran produk dari ‘pelapak’ se-Tanah Air dan aksi panggung sederet musisi papan atas.


2. Parahyangan Future Leader


Pada hari yang sama, Founder CRP Group, Rex Marindo hadir di acara Parahyangan Future Leader. Kegiatan yang diprakarsai oleh mahasiswa S1 Universitas Katolik Parahyangan tersebut diselenggarakan di Mountain Springs Resort, Lembang. Pada kesempatan kali ini, Rex memaparkan pembahasan dengan tema “Starts from You” kepada kurang lebih 800 peserta yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Menurut Rex, sikap kepemimpinan dimulai dari cara memimpin diri sendiri dengan baik. Hal tersebut menjadikan seorang individu mengerti bagaimana mengelola potensi dalam diri dan orang lain untuk kemajuan bersama.


Kemudian, dalam kegiatan yang dimulai pukul 14.30-16.00 WIB, Rex juga memberikan tips menjadi pemimpin yang baik kepada seluruh peserta yang hadir. “Kalau mau memulai berbisnis dan menjadi seorang pemimpin bagi sebuah tim, harus dapat memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu dengan baik,” tutup pria yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis tersebut.


3. Sedekah Ilmu Special Edition: Creating Presentation That Sells


Tidak kalah seru, Deputy Director Marketing CRP Group, Stefanie Kurniadi hadir menjadi pembicara dalam acara Sedekah Ilmu Special Edition. Pada sesinya yang berlangsung mulai pukul 15.30-17.30 WIB, Stefanie memaparkan bagaimana cara membuat presentasi yang menarik bagi audien. Menurutnya, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan presentasi, yaitu melakukan riset, memerhatikan teknik berbicara dihadapan umum, serta membuat content slide yang menarik.


Lebih lanjut lagi, Stefanie juga menjelaskan bahwa rata-rata waktu yang dimiliki untuk presentasi sangat singkat. “Di waktu tersebut, kita harus bisa menarik perhatian peserta. Jangan sampai materi yang kita sampaikan tidak dapat diterima oleh peserta, karena mereka merasa bosan,” papar Stefanie.

Di akhir acara, tidak lupa Stefanie pun memberikan tips bagaimana membuat slide presentasi yang baik. “Bagi saya, komposisi tulisan dengan gambar dalam slide presentasi, harus lebih banyak gambar agar lebih menarik. Selain itu, kita pun bisa menggunakan berbagai template presentasi yang sekarang sudah dapat diunduh secara gratis di Google,” tutup Stefanie.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group