Founder CRP Group: 8 Cara Memulai Bisnismu!

Updated: Jul 9, 2019


14 November 2018 - Jumlah kesempatan kerja menjadi salah satu variabel mikro yang memengaruhi perkenomian nasional. Saat ini elemen tersebut terus ditingkatkan oleh berbagai pihak melalui berbagai cara. Salah satunya dengan meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia. Peningkatan jumlah entrepreneur dinilai dapat membantu meningkatkan jumlah lapangan kerja baru yang akhirnya berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran di negara ini. “Namun, untuk menjadi entrepreneur, seorang individu harus memiliki landasan yang kuat, seperti tujuan, ilmu pengetahuan, hingga komitmen,” papar Founder CRP Group, Rex Marindo dalam sharing session yang diselenggarakan di Holiday Inn Pasteur. Dalam acara yang berjudul ‘Pruveit Meet Up with Prudential’ tersebut, Rex membahas 8 tips bagaimana memulai sebuah bisnis. Mau tahu apa saja? Simak penjelasnnya berikut ini!


1. Purpose

Memulai sebuah bisnis tanpa tujuan ibarat bangunan tanpa pondasi yang kokoh. Bisnis yang dijalankankan mungkin saja terbangun, namun kekuatannya akan sangat rapuh, apalagi ketika menghadapi situasi yang sulit. “Karena itulah, tujuan bisnis bagi seorang entrepreneur merupakah hal yang sangat penting untuk disusun sebelum memutuskan membangun sebuah bisnis,” tutur Rex.


2. Knowledge

Selanjutnya, penting bagi seorang entrepreneur mempelajari berbagai pengetahuan bisnis, seperti cara memulai bisnis, membuat rencana sederhana, merancang marketing plan yang tepat, branding, pengemasan, distribusi produk, hingga hal-hal lainnya yang berkaitan dengan administrasi perusahaan. “Pengetahuan bisnis bisa didapatkan melalui internet, jejaring sosial serta mengikuti seminar atau sharing session yang banyak diselenggarakan oleh berbagai instansi,” terang Rex.


3. Coach / Capable Friend

“Selain ilmu dan pengetahuan tentang bisnis yang akan dirintis, seorang entrepreneur juga memerlukan komunitas tempat belajar, coach, dan teman-teman yang mendukung dalam menjalankan sebuah bisnis,” ujar Rex. Beliau menyebutkan bahwa belajar langsung dengan praktisi yang telah terlebih dahulu menekuni bisnis adalah hal yang sangat penting. Cara itu dapat memberikan insight kepada para entrepreneur ‘baru’ ketika memulai bisnis yang akan ditekuni.


4. Good Product

Kemudian, pengetahuan tentang bagaimana menciptakan kualitas produk yang baik. Rex menerangkan bahwa kualitas sebuah produk adalah hal yang memengaruhi tingkat kepuasan dari customer. “Dengan membentuk kualitas produk yang baik, akan menciptakan customer journey yang apik. Pengalaman konsumen yang baik, tentunya akan membangun kepercayaan dari target market terhadap sebuah produk,” jelas pria yang telah menggeluti bisnis sejak duduk di bangku kuliah tersebut.

5. Avenger Much Better

Pada poin ini dapat diartikan bahwa memiliki keinginan untuk selalu menuntut pertumbuhan ke arah yang lebih baik adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur. Misalnya dengan melakukan inovasi. Pasalnya, tanpa ada perbaikan produk yang lebih baik serta inovasi yang mengikuti kedinamisan dari gaya hidup target market, brand atau perusahaan dapat terkesan out-of-date dan akhirnya ditinggalkan oleh customer.


6. Start ASAP, Play Hard & Be Commit

Menurut Rex, yang harus menjadi perhatian selanjutnya dalam memulai bisnis adalah secepat mungkin memulai usaha itu sendiri, jangan sampai karena terlalu fokus mencari modal atau memikirkan hal-hal lainnya, ide bisnis yang dimiliki tidak segera dimulai. “Kalau tidak segera dimulai, ya tidak akan mulai-mulai. Semakin kita tunda untuk memulai, semakin mahal modal yang dibutuhkan. Bisa-bisa bisnis kita pun tidak akan berjalan,” tutur pria yang kini sudah memiliki 12 brand bersama CRP Group. “Selanjutnya, bila bisnis sudah berjalan maka yang harus dilakukan adalah mengelola bisnis tersebut disertai dengan komitmen,” ungkap Rex.


7. Pray. Do What Allah Loves

Saat memulai sebuah usaha terdapat banyak hal yang menjadi faktor kesuksesan. Namun, tentunya kesuksesan suatu bisnis tak luput dari rida Yang Maha Kuasa. “Setelah berusaha, kita kembalikan lagi kepada yang Maha Pemberi Rezeki,” jelas Rex.


8. Good Luck!

Sebelum mengakhiri sesinya, Rex mengatakan bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukes, dibutuhkan keuletan dan kerja keras. “Memiliki suatu bisnis yang maju dan berkembang adalah suatu proses yang harus dilalui dengan ikhtiar, komitmen, dan selamat mencoba!” tutup Rex.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group