Digitalisasi: Cara CRP Group Meningkatkan Pelayanan Bagi Konsumen

Updated: Jul 9, 2019


21 Februari 2019 - Pada tahun 2018 ditemukan sebuah fakta bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif mencapai Rp1.000 triliun dan angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga lebih dari Rp1.200 triliun di tahun 2019.


Salah satu penyebab nilai PDB ekonomi kreatif yang terus meningkat adalah perkembangan teknologi digital. "Oleh sebab itu, untuk mengikuti perkembangan teknologi di lingkungan masyarakat, CRP Group terus berupaya untuk meng-upgrade sistem pelayanan bagi konsumennya," ujar Founder CRP Group, Sarita Sutedja, saat menjadi narasumber dalam acara REBUT 2024 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung (09/02/2019).


Dalam sesinya yang berlangsung mulai pukul 21.00 WIB, Sarita mengatakan bahwa salah satu produk dari perkembangan teknologi yang diaplikasikan oleh manajemen CRP Group adalah sistem ERP. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. "Bisa dikatakan, Warunk Upnormal satu-satunya Warung Indomie yang memiliki aplikasi ERP," papar Sarita.


Pengaplikasian sistem ERP juga membantu manajemen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Berbagai data yang tersimpan di aplikasi tersebut memberikan gambaran mengenai kebutuhan konsumen yang dapat digunakan sebagai landasan strategi bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Bagi Sarita, pengalaman konsumen di setiap gerai brand CRP Group akan memengaruhi pendapatnya terhadap brand tersebut di masyarakat. “Kami berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik saat konsumen mengunjungi gerai brand CRP Group, seperti menyapa dengan panggilan akrab, menghadirkan tempat yang nyaman, serta menyajikan hidangan yang higienis,” tegasnya.


Selain ERP, upaya lainnya yang dilakukan oleh manajemen untuk terus meng-upgrade layanan adalah dengan menghadirkan Upnormal apps. Upnormal adalah salah satu brand CRP Group yang menargetkan kaum milenial. Kaum milenial sendiri merupakan pengguna internet terbesar di Indonesia dengan persentase 80% dan 69,9%-nya menggunakan internet mobile. Sehingga, kehadiran Upnormal apps dapat menjadi salah satu solusi bagi konsumen Upnormal untuk mendapatkan berbagai macam informasi dan hadiah melalui ponsel. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media yang semakin mendekatkan Upnormal dengan konsumennya.


REBUT 2024 yang diselenggarakan oleh asumsi.co dibuka dengan sambutan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam sambutan tersebut Beliau mengimbau masyarakat Bandung untuk tidak mudah marah, sehingga dapat bersama-sama membangun negeri yang solid. Selain Ridwan Kamil, kegiatan ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh pemerintahan lainnya, seperti Walikota Bogor, Bima Arya; Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, dan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.


Rangkaian acara REBUT 2024 juga menghadirkan pembicara lainnya, seperti CEO IPMI, Jimmy Gani; Ketua Viking, Herru Joko; CEO IYKRA, Fajar Jaman; Co-Founder GetCraft, Anthony Reza Prasetya; Content Creator, Eka Gustiwana; Founder Mad For Lipstick, Samira Alatas, dan CEO Everidea, Ajie Santika. Seluruh pemateri tersebut membahas mengenai perkembangan industri kreatif dalam menyongsong masa depan yang sudah berbasis digital. Pada akhir sesi, mereka juga berharap dengan diadakannya acara REBUT 2024 dapat menginspirasi para peserta untuk terlibat dalam industri kreatif dan membantu perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group