CRP x Forbes Indonesia: Peran Teknologi Terhadap Karir Perempuan Indonesia

Updated: Jul 9, 2019




11 Juni 2019 - Sejak era emansipasi bergulir, perbedaan gender sudah tidak berlaku lagi di dunia profesional. Tak hanya laki-laki, perempuan masa kini juga bisa membuktikan keahlian dan kemampuannya untuk menduduki posisi tertentu, bahkan hingga level sekelas Chief Executive Officer (CEO) di sebuah perusahaan yang didominasi kaum Adam, seperti perusahaan teknologi.

Keinginan perempuan untuk terus bekerja dan mengejar cita-citanya menjadi pemimpin didukung oleh berbagai fasilitas, salah satunya perkembangan teknologi yang pesat. “Kecanggihan teknologi saat ini dapat digunakan sebagai akselerator dalam berbisnis yang memungkinkan perempuan mengambil peran lebih dalam perusahaan bahkan perekonomian suatu bangsa,” ujar Founder CRP Group, Sarita Sutedja dalam acara The 7th Leadership Forum: Indonesia’s Powerful Women 2019 yang mengangkat tema ‘Harnessing Technology for Indonesia’, (26/04/2019).

Sebagai sosok perempuan yang memperhatikan perkembangan teknologi, Sarita sudah mulai menerapkan perkembangan teknologi dalam operasional. Salah satunya dengan menghadirkan Upnormal Apps. Aplikasi yang didesain untuk semakin mendekatkan konsumen dengan Upnormal ini memiliki beragam fitur, seperti informasi promo terbaru, gerai terdekat, hingga program pengumpulan poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai program menarik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Generasi millennial dan Gen Z selalu membutuhkan sesuatu yang keren dan kekinian. Keren yang dimaksud adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan teknologi terbaru yang bisa mereka gunakan untuk mengaktualisasi diri. Sehingga, untuk menangkap kesempatan tersebut Sarita bersama tim juga merilis sistem ‘Pay at Table’ di Upnormal. Sistem kekinian yang resmi diperkenalkan pada 20 Maret 2019 tersebut memberikan keuntungan pada konsumen yang berupa kemudahan untuk memesan dan membayar makan-minum tanpa perlu mengantre di kasir. Uniknya Warunk Upnormal menjadi warung kopi pertama yang memiliki sistem ‘Pay at Table’.


Tidak hanya di operasional, sejak awal membangun brand Warunk Upnormal, Upnormal Coffee Roasters, Bakso Boedjangan, Fish Wow Cheeseee, Sambal Khas Karmila, dan beberapa brand lainnya, CRP Group juga menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi di internal. Dalam prosesnya, ERP membantu manajemen internal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Berbagai data yang tersimpan di aplikasi tersebut memberikan gambaran mengenai kebutuhan konsumen yang dapat digunakan sebagai landasan untuk menjawab kebutuhan konsumen melalui metode pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh CRP Group.

“Kemajuan teknologi yang masif membawa perubahan yang begitu cepat. Sehingga kita harus terus belajar mengikuti perkembangan teknologi untuk terus meng-upgrade layananan yang sesuai dengan kebutuhan target market,” ujar Sarita dalam sesi pemaparan yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Kisah inspiratif lainnya juga disampaikan oleh CEO – Founder Sociolla, Chrisanti Indiana yang berhasil menghadirkan beauty e-commerce pertama di Indonesia yang bekerja sama langsung dengan para pemegang merek. Ia juga mengatakan di dalam tim yang dibangun olehnya terdapat lebih banyak karyawan perempuan dibandingkan laki-laki.

Selain kedua narasumber di atas, beberapa narasumber lainnya juga hadir dalam acara Powerful Women 2019, The 7TH Leadership Forum: Indonesia’s Powerful Women 2019, seperti Investment Associate Patamar Capital, Ellen Nio; Founder Geekhunter, Ken Ratri Iswari; CEO & Co-Founder Go Work, Vanessa Hendriadi Li; dan CEO Qerja, Veronika Linardi. Dalam acara bergengsi yang diselenggarakan Forbes Indonesia bersama Elle Indonesia tersebut seluruh narasumber membahas peranan perempuan dalam dunia teknologi.


Kehadiran teknologi memberikan kesempatan emas pada perempuan untuk memimpin dan membuat beberapa keputusan yang dapat mendorong pertumbuhan karir di masa mendatang. Tentunya, sebagai perempuan yang sadar akan manfaat teknologi harus memiliki pola pikir untuk terus berkembang, karena dunia dan teknologi akan terus mengalami perubahan setiap saat.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group