CRP Career Fair 2018: #IndonesiaKerenMovement

Updated: Jul 9, 2019


04 Desember 2018 - Banyak lembaga terpercaya Internasional yang memprediksi bahwa Indonesia berpeluang menjadi kekuatan lima besar ekonomi pada tahun 2035-2045. Namun, saat ini Indonesia masih harus menghadapi sejumlah tantangan yang dapat memengaruhi kekuatan ekonominya, seperti kualitas sumber daya manusia yang masih rendah serta beberapa masalah lain yang dapat merenggut dan mengancam masa depan penerus bangsa Indonesia.


Untuk itu, sebagai salah satu brand lokal yang hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, CRP Group ingin turut berpartisipasi dalam peningkatan kekuatan ekonomi Indonesia. Salah satunya melalui CRP Career Fair 2018 yang mengajak para generasi muda untuk bergabung dan bersama-sama membangun perkenomian Indonesia. Berikut ulasannya.


1. Dihadiri Ratusan Pelamar Kerja

Dalam agenda yang berlangsung dari tanggal 7-8 November 2018 ini, terlihat banyak peserta, khususnya fresh graduate yang menunjukkan antusiasnya ketika mengunjungi event CRP Career Fair 2018. Hal tersebut ditandai dengan antrean yang cukup panjang di area registrasi. Menurut Ketua Pelaksana CRP Career Fair 2018, Buddy Prasetyo, kurang lebih sebanyak 300 orang sudah datang dan terdaftar dalam gelaran ini. “Seluruh peserta yang hadir berasal dari beragam background, ada yang lulusan SMA, SMK hingga Strata 1 dan 2,” tambah Buddy.


Salah satu peserta yang kami temui di area registrasi, Dewi, mengatakan bahwa Ia sangat bersemangat mengikuti pameran lowongan kerja yang diselenggarakan oleh CRP Group di Gedung Nyi Ageng Serang mulai pukul 09.00-16.00 WIB. “Bergabung bersama CRP Group menjadi salah satu impian saya, karena CRP Group termasuk salah satu brand lokal yang perkembangannya pesat. Dan saya merasa tertantang untuk berkontribusi dengan menjadi bagian dari CRP Group. Pasti seru!” tutur wanita yang sudah bekerja 2 tahun di bidang F&B Industry tersebut.


2. Tidak Perlu Membawa Surat Lamaran & CV

Sementara itu, Buddy mengatakan bahwa pada kegiatan CRP Career Fair 2018 kali ini, CRP Group membuka lowongan pekerjaan dari berbagai divisi, baik itu di tim operasional maupun back office. Ia menjelaskan bahwa setiap peserta diminta untuk mengisi formulir online yang tersedia di masing-masing booth divisi yang diminati. “Jika mereka lolos proses screening, maka satu sampai dua minggu kemudian akan dilanjutkan dengan proses interview,” sambungnya saat dimintai keterangan.


Salah satu peserta pencari kerja, Rizky mengatakan bahwa Ia sangat terbantu dengan adanya kegiatan CRP Career Fair 2018. Kegiatan ini memudahkan dirinya untuk mencoba melamar beberapa posisi yang ada di CRP Group yang tentunya sesuai dengan passion. “Kelebihan lainnya, kita juga tidak perlu membawa file-file lamaran kerja. Lebih praktis, cukup melakukan registrasi dan mengisi formulir online saja,” tuturnya kepada kami saat dijumpai di acara CRP Career Fair 2018.


Tidak hanya itu, Gelaran CRP Career Fair 2018 juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk menjadi bagian dari keluarga besar CRP Group dalam membangun brand lokal Indonesia yang dapat disejajarkan dengan brand-brand dari luar negeri. “Gelaran ini juga menjadi salah satu bentuk nyata CRP Group membuka lapangan kerja sebagai wujud kontribusi serta nilai tambah bagi masyarakat maupun pemerintah,” jelas Buddy.


3. Wow! Setiap Peserta Dapat Mengikuti Aktivitas Seru Lainnya!

Selain membuka kesempatan berkarir bagi para pencari kerja, CRP Career Fair 2018 juga menghadirkan Career Talk Show, Coffee Class, Culinary Festival CRP Group, serta Photo Booth Contest. “Kegiatan Career Fair harus memiliki value lain selain memberikan peluang kerja. Maka, kami menyertakan kegiatan-kegiatan lain yang memiliki manfaat bagi para peserta,” ujar Buddy.


Salah satu program yang dipersiapkan oleh CRP Group bagi para peserta adalah Career Talk Show. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan lima orang pembicara dari CRP Group dengan topik berbeda setiap harinya. Career Talk Show yang berlangsung di hari pertama (07/11/2018) membahas tema ‘Branding Your Self for Your Career’ bersama Decoration Manager, Rusivia Hanafie; Senior Manager Paberik Kopi Upnormal, Arnold Dharma, dan Senior Manager Ops. Development, Kharisma Akbar. Sedangkan di hari kedua (08/11/2018), hadir Head of Creative, Aryan Pramudito dan Manager Operational Upnormal, Muhammad Jured yang membicarakan poin mengenai cara melamar pekerjaan yang baik dan benar bagi milenial.


Aria, salah satu peserta asal Bekasi Timur yang mengaku telah menghadiri Career Talk Show di hari pertama mengatakan bahwa melalui poin pembahasan dari narasumber, Ia mendapatkan insight bagaimana cara menciptakan personal branding yang menjadikan seseorang terlihat menonjol dalam suatu kelompok. “Pembahasannya sangat bermanfaat bagi kami, terutama fresh graduate yang sedang giat-giatnya mencari kerja,” tambahnya lagi saat ditemui di sesi terakhir Career Talk Show.


Selanjutnya, acara CRP Career Fair 2018 juga ingin menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh mengenai brand-nya. Oleh karena itu, CRP Group menghadirkan booth Sambal Khas Karmila dan Ayam Bersih Berkah. “Selain dapat menyantap makanan yang disajikan, di setiap booth brand, para peserta juga mendapat kesempatan untuk merasakan langsung semangat ‘Bring Happiness Through Eating Experience’ yang diusung oleh CRP Group,” ujar Buddy.


4. Lebih Seru Lagi! Setiap Peserta Berkesempatan Mendapatkan 1 Buah Hand Phone!

Rangkaian acara CRP Career Fair 2018 ini juga dilengkapi dengan area photo booth bagi para peserta yang ingin mengabadikan moment-nya. “Setiap peserta bisa mengekspresikan dirinya di photo booth yang telah kami sediakan. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan voucher dan merchandise menarik apabila mengikuti photo booth contest,” jelas Buddy. “Selain hadiah dari photo contest, kami juga memberikan satu buah hand phone Android, bagi peserta beruntung yang hadir selama dua hari berturut-turut di acara Career Fair ini,” tambahnya. Sesi pengundian hand phone tersebut dilakukan pada hari kedua dengan mengundi nomor yang diberikan saat registrasi.


Kegiatan Career Fair yang berlokasi di Ibu Kota ini merupakan lanjutan dari acara Career Fair 2018 yang dilakukan di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Bandung. “Sebelumnya kami menyelenggarakan acara Career Fair 2018 di Bandung, tepatnya pada 26-27 September 2018,” jelas Buddy. “Bagi CRP Group, Career Fair ini menjadi ajang untuk menemukan bakat-bakat luar biasa dan memperkenalkan CRP Group sendiri,” pungkas Buddy.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group