Bersinergi dengan Media, Upnormal Gelar Roasting Experience for Press

Updated: Oct 15, 2019


(dok video: https://www.instagram.com/p/B1-Pdhfg-dX/ )


Bandung, 20 September 2019 - Sejumlah jurnalis yang bertugas di area Jawa Barat mengikuti acara Roasting Experience yang digelar oleh manajemen CRP Group (Group induk Upnormal) di Upnormal Coffee Roasters Paberik Kopi Cihampelas, Bandung (03/09). Kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi perusahaan dengan media yang merupakan salah satu pemangku kepentingan utama perusahaan untuk mendukung perkembangan industri Food & Beverages (F&B) di Bandung. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi manajemen dengan media. Nah, mau tahu acaranya seperti apa? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


1. Acara Dipandu Langsung Oleh Tim Kopi Development Upnormal

Setelah para jurnalis memasuki area Etalase Kopi Jawa Barat di Paberik Kopi Upnormal Cihampelas, Manager Paberik Kopi Upnormal, Dharma Arnold langsung membuka acara dengan sekilas materi mengenai proses pengolahan Kopi yang baik untuk Indonesia di Upnormal. Mulai dari proses menyortir biji Kopi dari petani, me-roasting, menggiling, hingga mengolahnya menjadi secangkir kopi yang nikmat.



Di Upnormal sendiri kegiatan menyortir green beans (biji kopi) sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditetapkan dilakukan oleh Tim Kopi Development Upnormal. Kemudian, green beans tersebut akan di roasting oleh para roaster terlatih dari Upnormal. “Berbicara soal kegiatan me-roasting Kopi, tahapan ini merupakan proses untuk membentuk kompleksitas rasa, mulai dari aroma, cita rasa Kopi, hingga keseimbangan asam dan manis” ujar Arnold.


2. Me-roasting Langsung Kopinya Sendiri

Selanjutnya, raut wajah antusias langsung terpancar dari para jurnalis saat Arnold mengajak mereka melakukan kegiatan roasting. Kali ini, mereka (jurnalis) berkesempatan untuk me-roasting Kopi Gayo Aceh hingga tingkat kematangan medium roast.



Saat melakukan kegiatan roasting, para jurnalis diminta untuk memerhatikan beberapa hal, seperti suhu yang digunakan, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan. Beberapa variabel tersebut akan memengaruhi tingkat kematangan biji Kopi.



“Sekarang jadi tahu, bagaimana cara me-roasting Kopi sampai akhirnya proses roasting itu bisa menentukan rasa dari Kopi yang akan kita nikmatin. Seneng banget bisa dapet pelajaran dan pengalaman baru,” ujar Jurnalis Radar Bandung, Nur Fidhiah Shabrina.



Hal yang sama juga disampaikan oleh Jurnalis Bandungnewsphoto.com Yurri Erfansyah. “Hal ini merupakan yang pertama bagi saya, sehingga jadi tau bagaimana cara me-roasting Kopi yang tadinya dari green beans menjadi roasted beans,” ujarnya.



3. Pengalaman Menyeduh Kopi dengan Teknik Manual Brew

Setelah melakukan kegiatan roasting Kopi, Jurnalis Tribun Jabar, Putri Puspita juga berkesempatan untuk menyeduh Kopi dengan metode Kalita Wave yang dipandu langsung oleh Tim Kopi Development Upnormal, Bilal Nusantara.



Cara menggunakan alat seduh Kopi Kalita Wave mirip dengan alat seduh Kopi V60. Alat ini memakai kertas filter untuk menyaring ampas Kopi. Namun bentuk kertas filter-nya berbeda yakni bergelombang seperti bolu kukus. Bedanya dengan V60, Kalita Wave juga sedikit lebih lambat dalam proses penyeduhan karena pengaruh bentuk dasarnya. Jadi, Anda harus sedikit bersabar ketika ingin menikmati secangkir Kopi dengan metode ini.



Bagi putri, kegiatan menyeduh Kopi dengan teknik Kalita Wave ini merupakan yang pertama kali baginya. “Kali ini aku nyeduh dengan Kalita, rasanya beda dengan V60 karena alat yang digunakan pun berbeda,” tulis Putri di akun instragramnya.



Seluruh rangkaian acara pada kegiatan Roasting Experience with Press ini menjadi salah satu kegiatan pengenalan proses pengolahan Kopi yang digelar secara spesial bagi para jurnalis Bandung. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan para jurnalis mengenai proses pengolahan Kopi guna mendukung kinerja perusahaan ke depannya.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group