3 Fakta Grand Launching Paberik Kopi Upnormal yang Harus Kamu Tahu!

Updated: Oct 15, 2019




Bandung, 25 Juni 2019 - Perjalanan lima tahun Upnormal menemani generasi milenial dengan menghadirkan tempat ‘ngopi’ kekinian dirayakan bersamaan dengan Grand Launching Paberik Kopi Upnormal – Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik pada Sabtu, 22 Juni 2019. Dalam kesempatan tersebut Upnormal semakin menegaskan dukungannya terhadap Kopi Indonesia dengan memfasilitasi berbagai proses pengolahan biji kopi, mulai dari hulu hingga ke hilir.


Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik lainnya yang terjadi dalam rangkaian acara Grand Launching Paberik Kopi Upnormal tersebut. Mau tahu seperti apa? Simak ceritanya di bawah ini:


1. Diresmikan oleh Ridwan Kamil


Bertempat di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Etalase Kopi Jawa Barat dalam rangkaian acara Grand Launching Paberik Kopi Upnormal. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa industri Kopi Jawa Barat harus bisa memaksimalkan penggunaan Kopi Jawa Barat. Sehingga, diperlukan koordinasi penuh dengan seluruh elemen yang dapat menjadikan Kopi Jawa Barat sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Bagi Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) Paberik Kopi Upnormal menjadi salah satu jawaban dari tantangan kepada pelaku industri kafe di Jawa Barat. Ia yakin, melalui gerai Upnormal yang terletak di Jalan Cihampelas No.96 tersebut Kopi Jawa Barat dapat diminati oleh berbagai kalangan, sehingga bisa menjadi salah satu kopi terbaik di dunia.


Sementara itu, Founder CRP Group, Sarita Sutedja dalam talk show yang dilakukan bersama Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Paberik Kopi Upnormal menjadi bagian dari komitmen Upnormal untuk mendukung kemajuan Kopi Jawa Barat dengan menghadirkan fasilitas roaster terbaik yang mampu memproduksi kopi dengan kapasitas 1 ton per hari. “Kami mendapat amanat untuk ambil bagian dalam memajukan kopi di Jawa Barat,” tutupnya.


2. Menghadirkan World Latte Art Championship 2017

Berbicara soal proses pengolahan kopi, Upnormal juga menghadirkan World Latte Art Championship 2017, Arnon Thitiprasert yang secara special memberikan berbagai tips dan teknik dalam menghadirkan minuman Latte Art yang menarik.


Tidak hanya itu saja, Ia juga menjadi juri utama dalam ‘Latte Art Championship Upnormal’ yang diikuti 40 barista se-Indonesia. Bagi Arnon, menjadi juri sekaligus berbagi ilmu di Upnormal menjadi sesuatu hal yang menarik. Dari sini, Ia bisa merasakan semangat barista Indonesia yang selalu ingin mengasah kemampuannya semakin baik lagi.


Pengalaman yang dirasakan oleh Arnon di rangkaian acara Grand Launching Paberik Kopi Upnormal menjadi momen yang tak terlupkan bagi dirinya. Ia berharap ke depannya, Ia dapat kembali ke Indonesia dengan membawa ilmu serta pengalaman baru lainnya bagi para barista di Indonesia. “Terima kasih Upnormal dan para pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ujar Arnon.


3. Ada Banyak Penikmat Kopi dari Berbagai Daerah dan Usia

Dalam rangkaian acara yang dimulai sejak 21 – 23 Juni 2019 ini terlihat banyak peserta seminar, kompetisi latte art bahkan sharing session yang datang dari berbagai dari daerah, seperti Jakarta, Tasikmalaya, dan Bandung. Hal tersebut ditandai dengan antrean yang cukup panjang di area regitrasi. Menurut Manager Media Relations CRP Group, Jelita Pramesti ada banyak penikmat dan pelaku bisnis kopi yang hadir di acara Grand Launching Paberik Kopi Upnormal – Etalase Kopi Jawa Barat Terbaik. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Bahkan, salah seorang peserta yang kami temui di area registrasi, Muhammad Fauzi mengaku baru berusia 15 tahun dan berasal dari Tasikmalaya. Dalam kesempatan tersebut ia mengikuti Latte Art & Aeropres Championship bersama teman-temannya. Remaja tersebut mengaku terinspirasi melihat profesi barista yang keren, kemudian tertarik untuk menekuninya dan mengikuti berbagai perlombaan yang dapat meningkatkan kemampuan membuat kopinya.

“Awalnya saya nongkromg di coffee shop bersama teman, kemudian tertarik melihat barista yang cekatan membuat kopi. Sehingga saya mulai belajar secara otodidak dan mengikuti berbagai perlomabaan barista,” ujar Fauzi.

Perlombaan di Upnormal menjadi perlombaan ke lima yang diikuti olehnya. Meskipun tidak membawa gelar juara, Ia senang dengan rangkaian acara yang berlangsung di Paberik Kopi Upnormal Cihampelas, Bandung tersebut lantaran Ia bisa mendapatkan teman barista baru serta melihat berbagai proses pengolahan kopi yang di Upnormal. Kedepannya Ia juga berharap Upnormal dapat terus menyelenggarakan kegiatan keren dan kekinian yang dapat mendukung kemampuan para barista di Indonesia.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group