3 Alasan Mengapa Harus Mengikuti UPNORMAL IGNITION

Updated: Jul 9, 2019


30 November 2018 - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah melansir bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 2% dari total keseluruhan penduduk atau sekitar lima juta jiwa entrepreneur untuk mendorong Bumi Pertiwi menjadi negara maju dan berdaya saing tinggi. Selain itu, jumlah tersebut juga dinilai mampu membuka lapangan kerja yang akan membantu menurunkan angka pengangguran di Indonesia.


Jumlah lapangan kerja baru dan penurunan angka pengangguran ini akan membaik jika jutaan orang pebisnis baru ini segera memulai bisnis dan mampu mengembangkannya. Oleh karena itu, CRP Group melalui program UPNORMAL IGNITION mengajak seluruh generasi muda untuk semangat membangun bisnis sendiri. Dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh kota Bandung, acara ini berlangsung di Coffee College, lantai 3, Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Bandung. Mari kita simak ulasannya.


1. Dimulai dengan Business Sharing

Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB tersebut diawali dengan Business Sharing bersama Co-Founder CRP Group, Kharisma Akbar. Dalam sesinya, Kharisma membahas tema mengenai ‘Start Your Business and Build Your Future’. Menurut Beliau, seorang entrepreneur harus memiliki niat dan komitmen yang kuat sebelum memulai bisnis. “Jangan hanya karena sedang trend atau ikut-ikutan teman.


Sebagai entrepreneur kita harus memiliki visi (tujuan) yang baik dan jelas” tuturnya. Kharisma mengatakan sebagai seorang pelaku bisnis harus memiliki visi jauh ke depan yang dapat menciptakan multiplier effect positif bagi perekonomian bangsa Indonesia. “Salah satu cara mewujudkan visi yang telah ditentukan adalah menerapkan corporate value dalam pelaksanaan kegiatan kerja, yang akan membantu bisnis berjalan ke arah tujuan utama,” jelas alumni Universitas Katolik Parahyangan tersebut.


Proses selanjutnya adalah melakukan riset untuk menentukan produk dan target pasar. “Hasil riset dapat memberikan insight bagi seorang entrepreneur untuk mengetahui kedinamisan target market dan kebutuhan pasar yang belum dipenuhi oleh kompetitor,” papar Kharisma.


Tidak lupa, di akhir sesinya, Beliau juga mengatakan bahwa menjadi seorang entrepreneur akan melalui proses perjalanan panjang yang harus mempersiapkan kekuatan mental juga.

2. Tour Paberik Kopi & Coffee Tasting

Tema yang diangkat pada bagian kedua UPNORMAL IGNITION ini adalah ‘From Crop to Cup of Coffee’. Pada kesempatan kali ini Senior Manager Paberik Kopi Upnormal, Dharma Arnold menjelaskan bagaimana proses dalam menghasilkan kopi yang baik. Mulai dari proses cultivating (budidaya) & processing coffee, roasting coffee, hingga brewing coffee.


Arnold menjelaskan bahwa kopi yang dikonsumsi Bro/Sist (sebutan pelanggan di Warunk Upnormal) berasal dari biji kopi arabika yang ditanam di Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Setelah dipetik, dipisahkan antara biji dan buah kopi, serta dikeringkan, green bean (biji kopi hijau) tersebut dikirim ke Paberik Kopi Upnormal dan di simpan di dalam gudang penyimpanan biji kopi untuk menungu proses selanjutnya. “Biji kopi yang telah diterima akan melalui proses grading (pemilihan biji kopi). Lalu, biji kopi tersebut di-roasting menggunakan mesin Probatone 25 oleh roaster Upnormal. Dan terakhir, untuk pembuatan secangkir kopi yang baik dilanjutkan dengan menggunakan mesin espresso berkualitas tinggi oleh barista-barista Upnormal yang sudah melalui masa pelatihan khusus,” papar Arnold. Tidak lupa, Ia juga menjelaskan mengenai brewing coffee process dan frothing milk with art melalui sebuah video yang ditampilkan. Brewing coffee process merupakan proses pembuatan kopi dengan cara diseduh, sedangkan frothing milk with art adalah salah satu teknik penyajian kopi dengan dasar susu, seperti cappuccino atau latte.


Setelah memberikan penjelasan tentang bagaimana proses pembuatan kopi, Arnold memperlihatkan mesin roasting Probat yang ada di dalam ruangan kaca kepada seluruh peserta. Sayangnya, para peserta tidak dapat memasuki area tersebut karena terdapat standar kehigienitasan yang harus dipatuhi oleh Upnormal.


Menutup gelaran UPNORMAL IGNITION kali ini, seluruh peserta diajak untuk melakukan sesi cupping bersama Coffee Development Paberik Kopi Upnormal, Ahmadi Bahzar. “Pada kegiatan cupping session setiap peserta dapat menemukan beberapa karakter kopi yang khas dengan cara mencium dan menyeruput kopi dengan teknik khusus,” ujar Ahmadi.


3. Tidak Dipungut Biaya

Kegiatan ‘UPNORMAL IGNITION’ menjadi salah satu acara spesial dari CRP Group untuk mahasiswa dan mahasiswi kota Bandung yang memiliki atensi terhadap bidang entrepreneurship. Tim Event CRP Group, Sammy mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap dua bulan sekali dan tanpa dipungut biaya apapun. “Mereka hanya diminta untuk melakukan registrasi yang dibuka sejak H-7 dan ditutup pada H-1 kegiatan UPNORMAL IGNITION dengan menghubungi contact person yang telah ditentukan, yaitu Sammy 0811-2103-088 atau Very 0821-1765-7331,” ujar Sammy.


Melalui acara UPNORMAL IGNITION, setiap peserta yang hadir mendapatkan beragam insight dari berbagai pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya. Lebih lanjut lagi, acara yang diinisiasi oleh CRP Group tersebut diharapkan dapat semakin memotivasi para entrepreneur muda untuk semakin meningkatkan kemampuan, wawasan, dan semakin memotivasi generasi muda untuk bersama-sama membangun perkekonomian negeri lebih baik lagi.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group