CRP X ITB: Jangan Ragu Memulai Usaha di Usia Muda

Updated: Jul 9, 2019


03 Oktober 2018 - Cindy Alvionita Bahder, Co-Founder yang juga menjabat sebagai Head of Marketing Communication CRP Group memenuhi undangan sebagai narasumber dalam Kuliah Umum yang diadakan di Studium Generale KU-4078, Aula Barat ITB Bandung, Rabu (3/10/2018).


Tepat pukul 09.00, Cindy memulai sesinya yang bertema entrepreneurship. “Seorang entrepreneur adalah seseorang yang mendesain, me-launch dan menjalankan suatu bisnis, dari awal hingga memikirkan bagaimana caranya agar bisnis tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama,” jelas Cindy di awal presentasinya. Di hadapan para mahasiswa-mahasiswi S1, S2, dan dosen magang, Cindy menceritakan bagaimana ia mulai membangun sebuah bisnis. Dimulai dari menentukan produk bisnis, mendapatkan modal hingga memastikan produk tersebut diterima oleh masyarakat. Bagi Cindy, sebuah bisnis dapat dimulai dari hal-hal yang disukai. “Kami (para founder) juga sama. Berawal dari hobby yang suka makan, akhirnya kami mendirikan bisnis kuliner,” tutur alumni Universitas Padjadjran tersebut. Cindy menambahkan setelah memilih suatu bidang bisnis, Ia bersama tim melakukan riset yang hasilnya digunakan sebagai panduan untuk memetakan produk, menciptakan inovasi, serta menentukan cara pemasaran yang tepat. “Setelah survey pasar dan menentukan bisnis apa yang hendak dibuka, maka kami berusaha untuk melakukan berbagai inovasi, seperti menciptakan varian rasa yang berbeda atau pilihan menu yang lebih banyak. Tidak lupa kami pun memperkenalkannya pada khalayak luas, baik itu melalui online media ataupun offline media,“ ungkap Cindy.


Dalam kuliah umum yang berdurasi kurang lebih dua jam tersebut, Cindy juga mengatakan bahwa membangun tim yang solid menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan sebuah bisnis, termasuk CRP Group. Hal pertama yang dilakukan oleh Cindy dan teman-temannya saat itu adalah menyamakan visi dan misi yang dilanjutkan dengan merekrut orang-orang profesional. “Kami menyadari bahwa dibutuhkan beberapa orang hebat lainnya, dari berbagai keahlian, seperti finance, supply chain, koki, creative content, dan lain-lain yang akan membantu menjalankan sebuah perusahaan. Perlahan-lahan namun pasti, kami merekrut orang dengan keahlian yang saling melengkapi satu sama lain,” Tutur Cindy yang telah membangun CRP Group hingga sekarang dan sudah memilki lebih dari 3,000 karyawan.


Usai menyampaikan seluruh materinya, Cindy berharap seluruh peserta mendapatkan gambaran dan wawasan yang cukup mengenai entrepreneurship, sehingga dapat memulai usahanya sejak dini. Hal ini sejalan dengan harapan yang disampaikan oleh Drs. Samitha Dewi Djajanti, Direktur Humas dan Alumni ITB saat membuka kuliah umum. “Semoga dengan adanya kuliah umum ini para mahasiswa-mahasiswi ITB dapat mengikuti jejak mereka yang sukses membuka usaha di usia muda,” Ucap Samitha.

© 2019 PT Citarasaprima Indonesia Berjaya

CRP Group